Minum 2 Gelas Air Sebelum Makan Bantu Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 01/03/2020, 21:47 WIB
Meminum air untuk menjaga cadangan cairan tubuh dan terhindar dari dehidrasi Shutterstock.comMeminum air untuk menjaga cadangan cairan tubuh dan terhindar dari dehidrasi

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan bukanlah target yang bisa dicapai secara instan. Terlepas dari perubahan pola makan dan olahraga rutin, ada beberapa hal yang juga bisa kita lakukan untuk memaksimalkan usaha penurunan berat badan, salah satunya dengan minum air putih.

Kita semua tahu bahwa minum air dalan jumlah yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Air bahkan lebih penting lagi bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Di dalam tubuh air membawa nutrisi penting ke sel-sel tubuh dan membersihkan racun di dalam tubuh. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa minum dua gelas air sebelum makan bisa membantu proses penurunan berat badan.

Studi dilakukan oleh para peneliti di Departemen Nutrisi Manusia, Makanan dan Olahraga di Sekolah Tinggi Pertanian dan Ilmu Hayati di Virginia Tech, Blacksburg.

Baca juga: Benarkah Kebiasaan Minum Air pada Pagi Hari Menyehatkan Tubuh?

Dalam uji klinis, ditemukan bahwa peserta yang minum dua gelas air sebelum makan bisa menurunkan berat badan rata-rata 2 kg lebih banyak.

Studi ini dilakukan pada 48 orang dewasa dalam kelompok usia 55-75 tahun. Mereka secara acak dibagi menjadi dua kelompok.

Kedua kelompok menjalani pola makan dengan kalori terkontrol. Namun, salah satu kelompok minum dua gelas air setiap sebelum makan (tiga kali sehari) dan kelompok lainnya tidak melakukannya.

Para peserta mengikuti pola yang sama selama 12 minggu. Setelah periode waktu ini, ditemukan bahwa orang yang minum dua gelas air setiap tiga kali sehari kehilangan sekitar 2 kilo berat badan dibandingkan dengan kelompok lain yang tidak melakukannya.

Mengapa air bisa membantu diet?

Minum air sebelum makan akan membuat kita cenderung makan lebih sedikit. Kita akan secara otomatis mengonsumsi lebih sedikit kalori dan kehilangan lebih banyak berat badan pada akhir hari.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dan bisa menurunkan berat badan dengan cepat, pola ini juga perlu didukung oleh faktor lainnya. Seperti mengurangi konsumsi gula dan minuman berkalori tinggi serta melakukan aktivitas fisik rutin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X