Kompas.com - 02/03/2020, 14:54 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Seperti kita ketahui, Singapura telah mengonfirmasi 32 kasus warganya yang terinfeksi virus corona (COVID-19). Namun bagaimana pemerintah Singapura mampu menenangkan warganya agar tak panik?

Dalam laman Channel New Asia disebutkan, bahwa melawan rasa takut adalah bagian penting dalam memerangi COVID-19.

Sekalipun ada upaya-upaya oleh para dokter, keamanan yang mumpuni, dan para profesional lainnya, perasaan takut atau bahkan firasat apokaliptik tampaknya telah berkembang selama berjangkitnya wabah tersebut.

Baca juga: Tak Perlu Panik Berlebih, Simak Tips Cegah Infeksi Covid-19

Misalnya, akhir pekan lalu warga Singapura berbondong-bondong ke supermarket dengan panik membeli dan menimbun kebutuhan dasar dan kebutuhan pokok.

Kepanikan juga terasa di transportasi umum, dimana warga Singapura kerap tak nyaman saat ada petugas medis berseragam ada dalam satu kendaraan dengan mereka.

Bagaimana agar tetap tenang?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tetap tenang dan terus berjalan" sangat berguna dalam masa-masa sulit ini. Mantra itu harus berlaku bagi warga Singapura, dalam upaya mengataasi rasa takut, dan pemerintah melanjutkan upaya untuk menghilangkan rasa takut kolektif ini dengan mambenagun kepercayaan.

Para pemimpin harus menjaga profil publik yang tinggi dan berbicara terus terang tentang yang baik, yang buruk, dan yang paling buruk dari upaya yang telah dijalani.

Kehadiran mereka dalam mengatasi masalah akan memberikan kepemimpinan yang dibutuhkan, menenangkan keyakinan, dan meningkatkan kepercayaan publik.

Kemajuan dan update berita terbaru tentang Corona dari saluran resmi pemerintah, termasuk melalui WhatsApp juga sangat membantu.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Ini 3 Langkah Sederhana Menjaga Imunitas Tubuh

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.