Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Bisa Dilakukan Orangtua Lindungi Anak dari Virus Corona

Kompas.com - 03/03/2020, 19:43 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Motherly

KOMPAS.com - Kabar terkonfirmasinya dua warga negara Indonesia terinfeksi corona menjadi berita utama dua hari belakangnan.

Semua orang waspada dan mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi karena virus ini.

Beberapa orang memilih memborong masker dan berbelanja bahan pokok yang awet, agar tak lag perlu sering-sering keluar dari rumah.

Baca juga: Cegah Corona, Fist Bump dan Wuhan Shake Alternatif Jabat Tangan

Namun rupanya, bukan hal itu yang seharusnya dilakukan. Lalu bagaimana kita mempersiapkan diri dan anak-anak untuk menghadapi virus ini?

Direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan.

“Ini bukan saatnya untuk takut. Ini adalah waktu untuk mengambil tindakan sekarang untuk mencegah infeksi dan menyelamatkan hidup sekarang,” ujarnya.

Sekarang adalah waktunya untuk bertindak, bukan kecemasan, inilah lima hal yang dapat dilakukan orangtua :

1. Persiapkan rumah untuk wabah virus corona

Rebecca Katz, direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Keamanan Kesehatan Global di Universitas Georgetown mengatakan, bahwa tempat terbaik untuk memulai adalah dengan perencanaan darurat umum.

"Ini berarti tidak hanya perencanaan darurat, tetapi juga perencanaan kesiapan yang sudah turun-temurun dilakukan yang tentunya baik untuk keluarga," kata Katz.

Jika wabah terjadi, kita tentu tidak bisa terlalu sering pergi ke pusat perbelanjaan atau mungkin tidak dapat memesan makanan.

Beli dan berbelanja bahan makanan yang secukupnya yang sekiranya bisa dikombinasikan, agar tak terasa bosan.

Jangan terlalu banyak menyimpan makanan instan yang biasanya tak bernutrisi dan kurang bergizi. Pasalnya untuk menghadapi virus ini, tubuh harus ternutrisi agar tetap fit.

Untuk itu lebih baik kita membeli makanan yang bisa kita awetkan seperti membuat daging ham sendiri, membuat nugget sendiri dan menyimpannya di lemari pendingin.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Santaplah 8 Jenis Makanan untuk Daya Tahan Tubuh

2. Simpan persediaan air dan makanan selama dua minggu

Di Amerika, untuk menghadapi virus ini, Federal Emergency Management Agency (FEMA) dan agen-agen lain merekomendasikan mengemas kit kesiapsiagaan darurat untuk menyiapkan diri menghadapi COVID-19 dan membuat kamu dan keluarga merasa lebih aman.

Berikut adalah rekomendasi FEMA yang dilakukan orangtua untuk mempersiapkan pandemi:

- Simpan persediaan air dan makanan selama dua minggu.

- Periksa secara teratur obat atau resep tertentu (untuk yang mengonsumsi obat rutin) untuk memastikan pasokan terus ada di rumah.

- Sediakan obat-obatan tanpa resep dan persediaan kesehatan lainnya, termasuk penghilang rasa sakit, obat diare, obat batuk dan pilek, cairan dengan elektrolit, dan vitamin.

- Dapatkan salinan dan simpan versi elektronik dari catatan kesehatan dari dokter, rumah sakit, apotek dan sumber lainnya dan simpan, untuk referensi pribadi. Dapatkan bantuan untuk mengakses catatan kesehatan elektronik.

- Bicaralah dengan anggota keluarga dan orang-orang terkasih tentang bagaimana mereka akan dirawat jika mereka sakit, atau apa yang dibutuhkan untuk merawat mereka di rumah.

- Periksa agen asuransi mu (jika punya): Kamu mungkin harus mendapatkan persetujuan perpanjangan pasokan obat dari yang disediakan oleh asuransi.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Apa yang Harus Dilakukan Ibu Hamil?

Halaman:
Sumber Motherly
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com