Kompas.com - 04/03/2020, 17:10 WIB
Tara Basro saat ditemui dalam peluncuran trailer film Gundala di CGV FX Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/7/2019). KOMPAS.com/IRA GITATara Basro saat ditemui dalam peluncuran trailer film Gundala di CGV FX Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/7/2019).

KOMPAS.com - Aktris Tara Basro menjadi perbincangan hangat di media sosial setelah mengunggah foto tubuh curvy-nya lengkap dengan lipatan perut dan stretch mark.

Lewat keterangan foto, Tara mengungkapkan maksudnya mengunggah foto tersebut adalah untuk menyebarkan pesan positif pada semua orang dalam memandang tubuh masing-masing.

"Andaikan kita lebih terbiasa untuk melihat hal yang baik dan positif, bersyukur dengan apa yang kita miliki dan make the best out of it daripada fokus dengan apa yang tidak kita miliki," tulis Tara Basro seperti dikutip Kompas.com, Rabu (3/3/2020).

Baca juga: Lelah Ikuti Standar Kecantikan, Tara Basro Unggah Foto Tubuh Curvy

Unggahan Tara pun dibanjiri respons positif warganet. Di Twitter, misalnya, kata kunci "Tara Basro" bertengger di daftar topik terpopuler (trending topic).

Banyak pula yang menganggap unggahan Tara sebagai langkah inspiratif yang membuat mereka semakin bersyukur dengan apa yang dimiliki oleh dirinya meski dengan segala kekurangan yang ada.

"Kata orang, stretch mark kehamilan itu jelek, tapi menurutku itu adalah karya seni indah, alami, karunia Allah. Gak semua orang bisa memiliki, bahkan banyak yang berjuang bertahun-tahun untuk itu. Jadi kalau ada yang komentar mengenai perutku, gak masalah, hanya beda sudut pandang," tulis akun @irtikcantik.

"Belakangan ini lagi insecure banget sama bentuk badan. Nggak pede sama perut, paha dan betis yang besar. Terus liat postingan ini, harusnya ku juga sayang tubuhku sendiri," tulis @pamuladwi.

Beberapa orang memuji keberanian Tara untuk berbeda dari banyak figur publik lainnya yang selalu berupaya tampak sempurna di depan kamera.

"Seseneng itu liat public figure yang gak menutup-nutupi lipatan di perut!!" tulis @pikarindu_

Baca juga: Gemuk Setelah Melahirkan, Chrissy Teigen Tak Ambil Pusing

Ini bukan kali pertama Tara mengungkapkan pandangannya mengenai standar fisik lewat media sosial, termasuk melalui akun Instagramnya.

Misalnya, pertengahan Februari lalu aktris yang berperan pada film Pengabdi Setan itu pernah berkomentar mengenai fenomena suntik putih abal-abal yang membuat sejumlah orang justru merusak kulitnya sendiri.

Ia juga tak sendiri. Banyak merek-merek ternama dunia serta figur publik di luar tanah air yang juga menggaungkan nilai serupa.

Sebut saja nama Chrissy Teigen, Serena Williams, Demi Lovato hingga Kourtney Kardashian yang juga pernah "memamerkan" stretch mark dan lipatan-lipatan di tubuhnya.

Tapi, tahukah kamu bahwa mengungkapkan nilai-nilai positif tentang tubuh sendiri (body positivity) rupanya memiliki banyak manfaat?

Baca juga: Unggah Foto Tubuh Curvy, Tara Basro Tuai Respon Positif dari Warganet

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X