Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Sapi, Kelinci, hingga Buaya Melenggang di Paris Fashion Week...

Kompas.com - 04/03/2020, 18:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber yahoo.com

KOMPAS.com - Pada umumnya kita melihat para model melenggang di atas panggung mode memperagakan busana karya desainer-desainer ternama.

Namun, apa jadinya jika di tengah parade tersebut muncul model berkostum binatang yang ikut berpose bak para model?

Pemandangan ini terlihat di akhir pertunjukan desainer Stella McCartney di Paris Fashion Week, Senin lalu, di mana model-model berkostum sapi, zebra, buaya, hingga kelinci lalu-lalang di atas runway. Pertunjukan ini juga disiarkan lewat channel YouTube miliknya, "Stella McCartney".

McCartney memanfaatkan pertunjukan tersebut untuk menyelipkan sikapnya terhadap penggunaan bulu atau kulit binatang untuk barang-barang mode.

Itulah alasan mengapa desainer asal Inggris itu menampilkan model-model dengan kostum binatang di sela presentasi koleksi Musim Dingin 2020.

Merek Stella McCartney secara terbuka menyatakan bahwa mereka tidak memasukkan kulit atau bulu binatang dalam desain busana mereka sejak tahun 2001.

Dalam sebuah wawancara bersama Vogue pada 2019, McCartney mengatakan bahwa mantel bulu binatang memiliki dampak lingkungan yang jauh lebih besar daripada mantel bulu palsu. Ada banyak alasannya, salah satunya adalah kekerasan terhadap binatang.

"Tampaknya tidak ada yang peduli atau ingin dibicarakan, tetapi dalam pikiranku, itu adalah bagian penting dari perbincangan kita," katanya.

Pertunjukan koleksi Musim Dingin 2020 Stella McCartney di Paris Fashion Week.Bidik layar YouTube Stella McCartney Pertunjukan koleksi Musim Dingin 2020 Stella McCartney di Paris Fashion Week.
Musim lalu, untuk membawa perhatian pada masalah-masalah ini, McCartney menggelar pembicaraan bersama tokoh-tokoh bidang mode lainnya tentang mode keberlanjutan. Menurut perusahaan McCartney, 75 persen dari koleksi musim itu terbuat dari bahan ramah lingkungan.

Pada tahun-tahun sebelumnya, ia juga pernah berkolaborasi dengan merek atau selebritas lain untuk lini busana atau aksesori ramah lingkungan.

McCartney juga telah dua kali bekerja sama dengan Adidas menciptakan dua pasang sepatu vegan berbeda dari seri Stan Smiths yang populer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber yahoo.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com