Kompas.com - 05/03/2020, 16:55 WIB
Komika Pandji Pragiwaksono (kiri) bersama ibunda, Yo Hassni ketika menghadiri Ensure Press Launch di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020). KOMPAS.com/Nabilla TashandraKomika Pandji Pragiwaksono (kiri) bersama ibunda, Yo Hassni ketika menghadiri Ensure Press Launch di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Pandji Pragiwaksono sudah beberapa bulan terakhir menjalani plant based diet demi alasan kesehatan. Plant based diet sendiri merupakan pola makan dengan sumber nabati sebagai makanan pokok.

Pola makan ini mulai dijalaninya sejak menginjak usia 40 tahun.

"Beberapa tahun terakhir saya semakin fokus sama kesehatan. Olahraga saya coba rutin, makan juga lagi berusaha untuk plant based sudah dari akhir tahun lalu."

Baca juga: Tur 5 Negara, Pandji Pragiwaksono Bawa Brand Lokal Mendunia

Hal itu diungkapkan Pandji ketika menghadiri Ensure Press Launch di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Hal yang memicu Pandji mengubah pola makannya adalah karena mulai merasakan sakit dan pegal setiap setelah bermain sepak bola. Padahal, ia sangat menggemari olahraga tersebut dan ingin terus bermain.

"Yang paling saya sedih kalau saya enggak bisa main bola lagi. Setelah main bola selalu sejam setelahnya badan sakit-sakit, jalan susah kayak pegal-pegal," ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada saat yang sama, suami dari Gamila Arief itu menonton film dokumenter Vegan the Game Changers yang membuatnya melihat lebih jauh tentang pentingnya kesehatan di masa depan.

Ada dua hal dalam film yang sangat menempel di pikiran Pandji Pragiwaksono. Pertama, plant based diklaim mampu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga tubuh tidak terasa sakit ketika berolahraga. Kedua, cerita para atlet yang berprestasi di usia senja.

"Penasaran, saya coba, eh ternyata terasa," kata Pandji.

Baca juga: Benarkah Diet Vegan Baik untuk Turunkan Berat Badan?

Meski begitu, plant based diet baginya bukanlah ideologi, melainkan sebagai gaya hidup. Sesekali, mantan penyiar radio ini juga memberlakukan "cheat day" di mana ia masih mengonsumsi makanan kesukaannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.