Kompas.com - 05/03/2020, 17:53 WIB
Ilustrasi olahraga shutterstockIlustrasi olahraga
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, massa otot akan menurun secara bertahap.

Penelitian yang dipublikasikan di Japan Geriatrics Society pada 2013 menunjukkan, usia 40 tahun adalah awal di mana orang dewasa akan kehilangan massa otot maksimal sebanyak 8 persen setiap dekadenya.

Massa otot yang hilang berpotensi meningkat menjadi 15 persen setelah menginjak usia 70 tahun.

Namun, kehilangan massa otot bisa terjadi karena faktor lain selain faktor usia.

Konsultan geriatri, Dr. dr. C Heriawan Soejono, Sp.PD, K. Ger, M.Epid menyebutkan beberapa di antaranya adalah karena sakit berat, kurang olahraga, dan kurangnya asupan protein.

Heriawan menyebutkan beberapa gejala awal terjadinya masalah otot antara lain rasa lemas dan tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Otot berfungsi untuk menjaga postur tubuh dan melakukan aktivitas normal. Selama kita masih bisa melakukannya berarti kita masih baik."

Hal itu diungkapkan oleh Heriawan saat ditemui seusai Ensure Press Launch di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Kehilangan massa otot yang paling jelas, terutama terjadi di usia lanjut usia, adalah menurunnya kualitas hidup karena mengalami imobilitas atau kesulitan bergerak dan membuat seseorang tidak bisa melakukan aktivitas secara mandiri.

"Belum lagi penyakit akibat tidak bisa bergerak, bisa menyebabkan infeksi paru, luka tekan, sendi-sendi akan kaku tidak bisa digerakkan, tekanan darah turun, otot mengecil," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.