Kompas.com - 05/03/2020, 19:19 WIB
Ilustrasi olahraga shutterstockIlustrasi olahraga
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, setiap orang dianjurkan untuk rutin berolahraga. Tak terkecuali bagi orang lanjut usia (lansia).

Adapun menurut definisi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lansia adalah orang-orang yang telah memasuki usia 60 tahun ke atas.

Meski kebanyakan orang mengalami penurunan kondisi fisik ketika memasuki usia lansia, olahraga tetaplah penting.

Sesuaikan jenis olahraga dengan kondisi fisik

Konsultan geriatri, Dr. dr. C Heriawan Soejono, Sp.PD, K. Ger, M.Epid menyebutkan, olahraga bisa dilakukan dengan frekuensi dua hingga tiga kali dalam seminggu dan dilakukan secara bertahap.

"Harus naik dari tahap ringan ke yang lebih berat secara bertahap dan berangsur. Yang penting menjaga kualitas otot agar tetap aktif," katanya ketika ditemui pada acara Ensure Press Launch di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Baca juga: 5 Tips Tetap Sehat untuk Lansia

Aktivitas fisik aman yang bisa dilakukan lansia antara lain:

1. Latihan ketahanan (endurance) dan aerobik

Dilakukan untuk meningkatkan oksigensi jaringan dan meningkatkan daya cadangan faali (gerak anggota tubuh). Beberapa jenis olahraganya antara lain jalan cepat, renang, jogging (dengan berhati-hati), hingga bersepeda (termasuk sepeda statis).

2. Latihan kekuatan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X