Antisipasi Penularan Virus Corona di Mal

Kompas.com - 05/03/2020, 20:46 WIB
Mal AEON menyediakan hand sanitizer di beberapa titik, seperti lobby lift. Dok AEON MalMal AEON menyediakan hand sanitizer di beberapa titik, seperti lobby lift.

KOMPAS.com – Antisipasi penyebaran virus corona di tempat umum terus ditingkatkan. Sebagai salah satu tempat berkerumunnya orang, pengelola mal juga meningkatkan kewaspadaannya.

Di Mal AEON BSD City dan AEON Jakarta Garden City misalnya. Langkah preventif dilakukan dengan menginformasikan kepada pengunjung apa yang harus dilakukan jika merasakan gejala Covid-19 atau melihat seseorang yang memiliki gejala.

“Kami mengedukasi pengunjung mengenai cara pencegahan penyebaran virus corona melalui media promo di mal serta media sosial kami,” kata General Manager Facility Headquarter AEON Mal Indonesia, Windy Bharata dalam siaran pers.

Selain itu, mal ini juga menyediakan hand sanitizer di setiap lobby lift untuk digunakan pengunjung sebelum memakai lift.

“Tim kebersihan kami juga ditugaskan melakukan pembersihan ekstra dengan menyeka area yang sering disentuh pelanggan, seperti pagar, sabuk escalator, pegangan pintu, atau meja food court, menggunakan alkohol,” kata Windy.

Menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga kondisi tubuh agar tetap fit merupakan kunci untuk mencegah penularan Covid-19 yang menyebar lewat droplet (percikan kecil air liur) saat seseorang bersin atau batuk ini.

Seperti dikutip dari Harian Kompas (5/3), Sekretaris Jenderal Pengawas Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Husein Habsyi mengingatkan pentingnya mencuci tangan secara rutin.

”Artinya, kalau kita di pusat keramaian dan menyentuh sesuatu, misalnya gagang pintu, meja, kursi, dan sebagainya, kita harus mencuci tangan. Sebab, kita tidak pernah tahu apakah kita secara tidak sengaja telah menyentuh droplet yang tertinggal,” ujar Husein.

Di sisi lain, bagi orang yang sedang mengalami gejala flu atau batuk, ada baiknya untuk mengisolasi diri dari keramaian. Apabila terpaksa harus keluar, dia wajib menggunakan masker agar virus tidak menyebar.

Baca juga: Berapa Lama Virus Corona Bisa Hidup di Permukaan Benda?

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X