Kompas.com - 06/03/2020, 09:34 WIB
Ilustrasi penumpang menggunakan masker untuk cegah penyebaran virus corona di pesawat SHUTTERSTOCK/LEK IN A BIG WORLDIlustrasi penumpang menggunakan masker untuk cegah penyebaran virus corona di pesawat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat dunia sedang heboh dengan wabah virus Corona saat ini, bepergian menjadi hal yang membuat kita was-was. Pasalnya, penularan bisa terjadi di mana saja, terutama di tempat berkumpulnya banyak orang.

Tak bisa dipungkiri, bersentuhan dengan banyak orang di bandara atau di dalam pesawat, bisa membuat kita terpapar penyakit. Maka dari itu, kita harus selalu waspada, dengan mengetahui cara naik pesawat agar terhindar dari penyakit hingga kuman.

Anggaplah tempat-tempat seperti bandara, stasiun bus atau kereta, sebagai “ruang gawat darurat”, dengan banyak orang di dalamnya, yang “membawa” virus serta penyakit.

Seorang peneliti mikrobiologi bernama Jason Tetro mengatakan bahwa virus, bakteri, hingga jamur, datang dari manusia.

Sebuah peneitian membuktikan, penumpang pesawat yang berada di dekat penderita penyakit pernapasan (seperti flu), memiliki risiko 80% tertular penyakitnya.

Baca juga: Agar Tidak Tertular Penyakit Saat Naik Pesawat

Bagaimana cara menghindari penyakit seperti itu, saat sedang bepergian dengan pesawat?

1. Bawa perlengkapan “tempur” demi kesehatan

Tetro menjelaskan, cara terbaik untuk terhindar dari penyakit menular seperti flu itu, adalah dengan tidak melakukan kontak langsung dengan penderitanya.

Namun, benda atau tempat yang sudah terkontaminasi, juga bisa menularkan penyakitnya. Maka dari itu, beberapa hal di bawah ini, bisa kamu lakukan:

  • Gunakan tisu disinfektan untuk membersihkan permukaan seperti meja atau sandaran kepala
  • Gunakan pembersih tangan yang mengandung 62-70% etanol, dan biarkan di tangan selama 15 detik
  • Jangan masukkan makanan apapun ke dalam saku kursi penumpang, kecuali jika makanan terbungkus rapat
  • Gunakan syal untuk mencegah virus masuk ke dalam saluran pernapasan

Jangan sepelekan keempat cara di atas. Sebab, menurut studi yang dirilis di Journal of Enviromental Health Research, seseorang 100 kali lebih mudah terkena flu di dalam pesawat, dibandingkan pada hari-hari biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X