Kompas.com - 07/03/2020, 00:18 WIB
Rr. Ayu Maulida Putri dari Jawa Timur berhasil membawa pulang mahkota Puteri Indonesia 2020 dalam Malam Puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2020 yang berlangsung di JCC, Jakarta, Jumat (6/3/2020). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Rr. Ayu Maulida Putri dari Jawa Timur berhasil membawa pulang mahkota Puteri Indonesia 2020 dalam Malam Puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2020 yang berlangsung di JCC, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

KOMPAS.com - Putri Kus Wisnu Wardani selaku Penasihat Utama Yayasan Puteri Indonesia, yang juga dewan juri, mengungkap alasan pihaknya memilih perwakilan Jawa Timur Rr Ayu Maulida Putri sebagai Puteri Indonesia 2020.

Menurut Putri, tahun ini sangat sulit menentukan siapa yang akan maju ke top 11, top 6, top 3, hingga pemenang Puteri Indonesia 2020.

“Tahun ini kompetisi sangat ketat. Saya mengikuti penjurian sehari-hari gimana mereka mempresentasi dirinya dan memperkenalkan dirinya dengan baik,” ungkap Putri dalam jumpa pers di JCC, Jakarta, Kamis (6/3/2020).

Baca juga: Top 6 Finalis Puteri Indonesia 2020 Tak Berhasil Lafalkan Pancasila

Putri menambahkan, malam Grand Final hanyalah 30 persen dari porsi penilaian yang dilakukan oleh para dewan juri.

Sebelumnya, ke-39 finalis telah menjalani karantina sekaligus penilaian selama dua minggu.

Penilaian pun dilakukan dengan beragam kriteria.

“Ada keberuntungan juga, gimana seseorang mampu menguasai diri dan mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya secara maksimal di depan dengan kesadaran penuh. Itu yang menentukan,” ungkap Putri.

Sebelumnya, perwakilan Provinsi Jawa Timur Rr Ayu Maulida Putri keluar sebagai pemenang Puteri Indonesia 2020.

Wanita yang karib disapa Ayuma itu berhasil mengalahkan dua pesaingnya, yakni Putu Ayu Saraswati dari Bali yang keluar menjadi Runner-Up 1 dan Jihane Almira Chedid dari Jawa Tengah yang menjadi Runner-Up 2.

Nantinya, Ayu Maulida Putri akan mewakili Indonesia pada ajang kecantikan dunia, Miss Universe 2020.

Baca juga: Ayu Maulida Putri dari Jawa Timur Jadi Pemenang Puteri Indonesia 2020

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.