BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan OPPO

Sederet Inspirasi Busana dari Pekan Mode Ternama Dunia 2020

Kompas.com - 07/03/2020, 10:02 WIB
ilustrasi pameran busana PIXABAY/ahmadardityilustrasi pameran busana
|

KOMPAS.com - Empat perayaan pekan mode ternama dunia untuk awal 2020, seperti New York Fashion Week, London Fashion Week, Milan Fashion Week, dan Paris Fashion Week telah rampung digelar.

Dalam dunia fesyen, keempat pekan mode tersebut dianggap penting. Sebab, dari situlah arah tren busana ditentukan.

Lalu, seperti apa tren busana yang bakal hits selama 2020 ini? Berikut Kompas.com rangkumkan untuk Anda.

pakaian berbahan crochet yang masih menjadi tren 2020INSTAGRAM/PRISCILLA_CSX pakaian berbahan crochet yang masih menjadi tren 2020

Crochet

Istilah tersebut merujuk pada pakaian yang dibuat dengan teknik rajut.

Tak lagi digunakan sebagai pakaian saat musim dingin saja, kini crochet bisa diaplikasikan sebagai outfit untuk segala cuaca.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, busana crochet juga telah dibuat dengan gaya yang lebih kekinian, sehingga tak ada lagi kesan kuno saat mengenakannya.

Itulah mengapa, dilansir dari Harper's Bazaar, pakaian dengan teknik rajutan crochet bakal kembali bermunculan pada 2020.

Sekalipun musim panas, Anda bisa mengaplikasi baju berbahan crochet sebagai outer (luaran).

Pilih yang berbentuk sedikit terbuka dan maksimalkan dengan bawahan yang nyaman. Celana berbahan katun, misalnya. 

Pakaian rajut berpotongan lebar yang ditampilkan pada Paris Fashion Week 2020. INSTAGRAM/PARISFASHIONWEEK Pakaian rajut berpotongan lebar yang ditampilkan pada Paris Fashion Week 2020.

Oversized knitwear

Saat cuaca dingin, knitwear (pakaian rajut) cukup bisa diandalkan untuk menghangatkan badan.

Masih satu teknik pembuatan dengan crochet, knitwear – terutama yang berpotongan besar –diperkirakan masih menjadi primadona dalam tren busana 2020.

Agar terlihat lebih modern, beberapa perancang busana kondang seperti Brandon Maxwell dan Michael Kors memodifikasi knitwear dalam bentuk gaun sweater.

Itu artinya, selain untuk gaya kasual, busana knitwear kini bisa menjadi pilihan saat Anda ingin tampil formal.

 

model busana cut it outINSTAGRAM/CHRISTOPHERKANE model busana cut it out

Cut it out

Model ini merujuk pada busana yang menampilkan sedikit kulit di bagian tubuh tertentu, seperti pinggang, dada, atau pundak.

Rata-rata busana cut it out memiliki desain minimalis. Namun, ini sudah mampu menciptakan kesan seksi bagi pemakainya.

Itulah yang menjadi alasan mengapa busana model cut it out masih digandrungi oleh para pecinta fesyen.

Belum lagi jika melihat modifikasi yang dilakukan desainer kondang Tom Ford yang melakukan eksperimen dengan menambahkan aksen renda transparan agar lebih menampilkan lekuk tubuh si pemakai.

Sementara itu, desainer kondang lainnya, Brandon Maxwell menciptakan gaun cut it out dengan potongan siluet mermaid. Seksi sekali, bukan?

salah satu contoh busana model ruffles yang dipamerkan dalam New York Fashion Week 2020INSTAGRAM/NYFW salah satu contoh busana model ruffles yang dipamerkan dalam New York Fashion Week 2020
 

Ruffles

Anggapan kuno pada busana beraksen ruffles berhasil ditampik di ajang New York Fashion Week. Sebab, tak sedikit desainer label kenamaan ternyata masih menyematkan pola kerut-kerut ini pada busana buatannya.

Coba saja tengok label Zimmerman yang memodifikasi ruffles pada gaun-gaun berbahan sheer mereka. Kemudian Vera Wang yang memadukan secara unik atasan ruffles dengan celana pendek.

Jika ingin tampil lebih manis, mini dress ciptaan Cynthia Rowley yang memiliki aksen ruffles melingkar di sepanjang gaunnya bisa jadi inspirasi Anda. 

Meski berpotongan minimalis, busana model ini mampu menciptakan unsur kemewahan pada pemakainya.INSTAGRAM/LONDONFASHIONWEEK Meski berpotongan minimalis, busana model ini mampu menciptakan unsur kemewahan pada pemakainya.

All about shining on

Busana yang memunculkan efek metalik atau bersinar karena penggunaan unsur batu permata, dan benang emas masih menjadi tren di kalangan fashionista.

Bagaimana tidak? Sekalipun berpotongan minimalis, busana dengan aksen tersebut mampu menciptakan unsur kemewahan. Tak heran, pemakainya kerap menjadi pusat perhatian.

Nah, agar tampilan fashion makin menarik, perlu ada tambahan atribut penunjang lainnya. Misalnya, perhiasan tas, ikat pinggang, topi, sepatu, bahkan ponsel.

Dalam perkembangannya, fesyen tak lagi terbatas pada busana dan aksesoris saja. Benda-benda fungsional lainnya, seperti ponsel telah masuk menjadi sebuah kesatuan yang mampu mendongkrak penampilan seseorang.

Jika tidak, untuk apa label kenamaan seperti Luis Vuitton, Gucci, atau Moschino mengeluarkan produk phone case?

Sementara itu, para produsen ponsel pun kini giat-giatnya berlomba untuk membuat produk mereka bukan lagi sebagai alat komunikasi dan media hiburan, tapi juga mampu menunjang penampilan penggunanya.

Seperti yang dilakukan Oppo dengan meluncurkan smartphone flagship terbarunya, yaitu Oppo Find X2.

Oppo Find X2 DOK. OPPO Oppo Find X2

Hadir dengan desain stylish, mulai dari layar waterfall screen hingga warnanya yang menarik (Blue Wave dan Dark Sea), Find X2 sepertinya mampu menunjang penampilan Anda.

Sekadar informasi, layar waterfall screen merupakan inovasi terbaru yang tengah menjadi tren di dunia ponsel pintar.

Tak hanya menarik secara desain, layar Oppo Find X2 juga memiliki performa mumpuni lantaran dibekali beberapa kecanggihan.

Bahkan, dikutip dari Kompas.com, Senin (24/2/2020), dengan kemampuan tersebut, Oppo Find X2 setara dengan ponsel gaming.

Adapun kecanggihan tersebut dapat dilihat dari kemampuan refresh rate 120Hz yang membuat setiap pergerakan di layar menjadi lebih halus.

Kemudian resolusi 2k HDR (High Dynamic Range) yang menjadikan tampilan gambar makin detail dan jelas, serta tambahan teknologi 10 bit yang membuat warna lebih akurat dan nyata.

Tentunya, pengalaman tersebut akan terasa ketika Anda menggunakan Oppo Find X2 untuk menonton film atau bermain game dengan saturasi warna yang sempurna.

Soal kamera, Anda tak perlu ragu. Ponsel pintar tersebut juga didukung dengan lensa mumpuni di kelasnya. Dengan begitu, Anda bisa mengabadikan style terbaik Anda.

Bagaimana, sudah siap tampil gaya ?


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.