Ini Cara Membedakan Anak Alergi Dingin atau Pilek

Kompas.com - 07/03/2020, 13:14 WIB
- shutterstock-

KOMPAS.com - “Anak saya kok sering pilek? Pileknya enggak sembuh-sembuh lho, tapi kadang muncul kadang tidak. Pilek atau pilek alergi ya?”

Umumnya, anak di bawah usia lima tahun rentan terjangkit penyakit, apalagi, batuk dan pilek. Tapi, dalam beberapa kasus tak sedikit anak-anak yang memiliki gejala pilek kambuhan.

Nah, ternyata ada dua macam pilek, yaitu pilek alergi atau yang kita kenal dengan alergi dingin dengan pilek infeksi. Kira-kira bagaimana membedakan keduanya?

Menurut Disease Control and Prevention (CDC), orang dewasa dapat berharap memiliki dua hingga tiga pilek setahun. Anak-anak kemungkinan menderita pilek bahkan lebih banyak setiap tahun. Alergi juga sangat umum terjadi, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Menurut Asthma and Allergy Foundation of America, sekitar 50 juta orang di Amerika Serikat memiliki alergi. Angka merupakan angka tertinggi di seluruh dunia. Meskipun gejalanya sering serupa, pilek dan alergi berbeda.

Baca juga: Wajib Tahu, Anak Batuk Pilek Jangan Buru-buru Terapi Uap

Kedua kondisi memiliki penyebab yang berbeda dan gejalanya bervariasi dalam jenis dan durasi. Simak ulasannya di bawah ini.

Tanda alergi dingin atau pilek alergi

1. Mata dan hidung yang gatal
Mata dan hidung yang gatal dan berair sering merupakan gejala dari alergi. Ibu perlu curiga Si Kecil mengalami alergi saat pilek dengan gejala ini.

Agar tidak menjadi kondisi yang lebih serius pastikan sirkulasi udara di kamar baik, usahakan agar Si Kecil tetap hangat, dan bersihkan area bermain Si Kecil terutama kamar dari debu dan kotoran.

2. Tidak ada demam
Dalam kondisi alergi, Si Kecil biasanya tidak menunjukkan reaksi demam. Mereka pun tampaknya akan tetap ceria dan aktif seperti biasanya.

Awalnya ia akan merasa kurang nyaman dengan kondisi ini, tapi semakin lama ia akan semakin terbiasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X