Rasa Panik dan Khawatir Bisa Lemahkan Kekebalan Tubuh

Kompas.com - 07/03/2020, 17:06 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sejak Indonesia mengonfirmasi adanya pasien positif virus Corona, banyak orang yang menjadi panik dan reaktif yang sebenarnya justru merugikan diri sendiri.

Dalam keadaan panik, masyarakat membeli barang kebutuhan sehari-hari, termasuk alat kesehatan pencegah penyakit, dalam jumlah besar.

Karena kepanikan pula, banyak orang yang percaya begitu saja pada setiap informasi yang diterimanya melalui media sosial atau aplikasi percakapan. Tak sedikit informasi yang beredar itu sebenarnya merupaka kabar bohong dan malah memperbesar kecemasan.

Rasa stres dan cemas berlebihan akan tertular penyakit sebenarnya justru bisa menurunkan kekebalan tubuh. Padahal, untuk mencegah infeksi virus dibutuhkan daya tahan tubuh yang baik.

Tak sedikit penelitian yang menyebutkan efek stres pada sistem imun. Ketika kita dilanda stres, kemampuan sel darah putih untuk melawan infeksi (limfosit) berkurang. Makin rendah limfosit, makin rentan kita terinfeksi virus, termasuk influenza dan peradangan.

Pakar psikologi transpersonal Ni Kadek Hellen Kristy Winatasari, S.Psi, M.Ed, menyarankan untuk melakukan meditasi untuk mengurangi stres dan membantu kita berpikir lebih jernih.

" Meditasi secara rutin dapat membantu meningkatkan imunitas dan penyembuhan dari segala macam penyakit dengan lebih cepat, ampuh juga untuk menangkal virus Corona," papar Heleni, sapaan akrabnya.

Baca juga: Indonesia Melawan Virus Corona: Waspada Boleh, Panik Jangan

Perlu disadari reaksi khawatir yang berlebihan pada Covid 19 berkaitan erat dengan kesadaran diri yang rendah atau low self awareness, yang akan memicu reaksi negatif lainnya akan sebuah keadaan.

Kesadaran diri atau self awareness merupakan sikap memerhatikan pikiran, perilaku, perasaan, dan efek dari tindakan diri terhadap orang lain.

Orang dengan kesadaran tinggi akan memiliki karakter mulia seperti yang dimiliki oleh orang-orang sukses. Sebaliknya orang dengan karakter diri rendah akan memberikan dampak negatif dalam kehidupan orang lain.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X