Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2020, 18:27 WIB

KOMPAS.com— Presenter Najwa Shihab angkat suara tentang tak berhasilnya finalis 6 besar Puteri Indonesia 2020 Kalista Iskandar saat melafalkan Pancasila pada Malam Puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2020, Jumat (6/3/2020).

Menurut Najwa hal tersebut wajar terjadi saat harus berbicara di depan banyak orang. Ia sendiri, pernah mengalami hal serupa.

“Saya jadi teringat pengalaman siaran langsung pertama kali. Gugup luar biasa. Saya sampai salah menyebut nama sendiri. Bayangkan, perdana muncul di televisi tapi memperkenalkan diri sebagai orang lain,” tulis Najwa dalam Instagram pribadinya, Sabtu (7/3/2020).

Rasa gugup juga dihadapi Najwa saat meliput bencana gempa dan tsunami di Aceh pada 2006 lalu.

“Karena kekalutan situasi saya salah menyebut Kota Calang menjadi Calung. Usai laporan langsung itu, saya dihampiri oleh seorang bapak sambil menangis, karena ia masih menunggu kabar dari keluarganya di kota yang saya salah sebut tadi,” tulis Najwa lagi.

Baca juga: Tak Hafal Pancasila, Ini Penjelasan Kalista Iskandar

Untuk itu ia mengaku sangat memahami perasan gugup yang dialami Kalista di ajang tersebut.

“Jadi saya bisa memahami kegugupan yang pasti berkali-kali lipat dihadapi Kalista tadi malam. Hanya diberi waktu menjawab 30 detik di tengah riuh rendahnya sorakan penonton,” tulisnya.

Najwa juga mengungkap bagaimana sang pemberi pertanyaan, Ketua MPR Bambang Soesatyo juga pernah menghadapi situasi yang sama dengan finalis Puteri Indonesia asal Sumatera Barat tersebut.

“Saat momen pelantikannya menjadi Ketua DPR. Walau bukan hapalan, karena ia dituntun saat mengucapkan sumpah, tapi ia juga sempat salah ucap sumpah. Bahkan sampai 3 kali. We are all humans after all. #CatatanNajwa,” tutupnya.

Baca juga: INFOGRAFIK: Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida Putri

Kalista Iskandar menjadi perbincangan setelah gagal melafalkan Pancasila saat memasuki sila keempat dan kelima. Hal itu terjadi dalam sesi tanya jawab dari dewan juri dan media sosial pada Top 6 Indonesia 2020.

Pada kesempatan itu, Kalista diminta melafalkan ke-5 sila dari Pancasila oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.