Pentingnya Vaksin Influenza Saat Wabah Covid-19

Kompas.com - 07/03/2020, 19:13 WIB
Ilustrasi pemberian vaksin. PixabayIlustrasi pemberian vaksin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Vaksin influenza termasuk dalam vaksin yang disarankan ketika seseorang akan bepergian ke luar negeri. Ketika dunia sedang dilanda wabah Covid-19, pemberian vaksin ini menjadi lebih penting lagi.

Vaksin influenza memang tidak bisa mencegah Covid-19. Kendati begitu, pemberian vaksin ini bisa melindungi seseorang dari virus influenza dan juga mencegah kerancuan gejala.

"Gejala influenza mirip dengan Covid-19, jadi kalau sudah divaksin dan muncul gejala maka bisa dipastikan itu bukan flu," kata dr.Anshari Saifuddin Sp.PD dalam acara diskusi di Jakarta (6/3).

Hal itu juga bermanfaat mencegah biaya yang tidak perlu dari pemeriksaan kesehatan terutama tes Covid-19 ketika muncul gejala.

Influenza berbeda dengan salesma atau jenis batuk pilek biasanya. Gejala utama yang terjadi adalah demam tinggi yang terjadi mendadak disertai dengan sakit kepala, nyeri, dan pegal.

Selain itu, gejala lain seperti pilek, batuk, dan bersin kadang terjadi.

"Vaksin influenza juga akan melindungi kita dari penyakit flu. Kalau kita sakit flu tubuh juga lebih rentan terinfeksi virus lain, termasuk Covid-19," ujar Anshari.

Baca juga: Kemenkes: Cara Cegah Virus Corona Sama dengan Cegah Influenza

Ia menegaskan bahwa pemberian vaksin influenza merupakan bentuk perlindungan tidak langsung dari wabah Covid-19.

Vaksin influenza dibutuhkan oleh orang yang beresiko tinggi, seperti lansia, anak-anak, dan juga para atlet.

Atlet termasuk kelompok yang dianggap rawan terkena penyakit menular karena paparan peralatan olahraga yang sama, berada di ruangan berkumpul dan juga perjalanan ke daerah beresiko di luar negeri.

Pemberian vaksin influenza dilakukan sekali dalam setahun. Menurut Anshari hal ini karena virus influenza terus bermutasi, sehingga tiap tahun muncul strain baru.

Untuk itu, setiap tahun pula para ahli perlu membuat jenis vaksin baru. Apabila terjadi ketidaksesuaian strain dalam vaksin dengan virus, maka itu bisa menyebabkan penurunan efektivitas vaksin influenza yang diberikan.

Baca juga: Kelompok yang Paling Rentan jika Tertular Virus Covid-19

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X