Kompas.com - 08/03/2020, 20:09 WIB
Ilustrasi serangan jantung eggeeggjiewIlustrasi serangan jantung
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

Penyakit ini mengacu pada masalah dan kelainan bentuk pada jantung itu sendiri, seperti aritmia, penyakit jantung koroner, gagal jantung, kebocoran katup jantung, dan sebagainya.

Untuk mengantisipasi masalah ini, sebaiknya kita mulai mewaspadai berbagai faktor penyebab penyakit jantung ini.

Faktor penyebab penyakit jantung

Penyakit jantung disebabkan oleh kerusakan pada sebagian atau seluruh jantung, kerusakan pada arteri koroner, atau pasokan oksigen yang buruk ke jantung.

Beberapa jenis penyakit jantung, misalnya kardiomiopati hipertrofik, bersifat genetik. Sementara, penyakit jantung bawaan dapat terjadi sebelum seseorang dilahirkan.

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung. Dengan memahaminya, kita setidaknya dapat menurunkan risiko terkena penyakit ini.

Baca juga: 8 Kebiasaan Penting demi Jantung yang Lebih Sehat dan Kuat

 

Adapun faktor penyebab penyakit jantung yang mungkin dimiliki oleh banyak orang, di antaranya:

Tekanan darah tinggi

Memiliki tekanan darah tinggi menjadi faktor risiko utama penyakit jantung. Kondisi ini terjadi ketika tekanan darah di arteri dan pembuluh darah terlalu tinggi. Jika tidak dikendalikan, tekanan darah yang tinggi dapat memengaruhi jantung, ginjal, dan otak.

Baca juga: Mengupas Hubungan Hipertensi, Penyakit Jantung, dan Stroke

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X