5 Sepatu Lokal Terbaik Versi Dr.Tirta

Kompas.com - 09/03/2020, 15:08 WIB
Booth Lucky Cat Supply menjadi salah satu yang paling diburu oleh pengunjung Urban Sneaker Society 2019. KOMPAS.com/Nabilla TashandraBooth Lucky Cat Supply menjadi salah satu yang paling diburu oleh pengunjung Urban Sneaker Society 2019.

KOMPAS.com – Antusiasme tinggi para penggemar sepatu sneaker berimbas pada bangkitnya merek-merek lokal. Tak kalah dengan brand-brand luar, sepatu lokal ini pun dengan mudah ditemui di pameran dan pasar sepatu.

Menurut catatan Kompas, pada gelaran Jakarta Snekaer Day pertama tahun 2017, hanya 10 persen sepatu merek lokal yang ikut berpartisipasi. Angkanya naik signfikan di tahun 2019, dengan 50 persen peserta pameran adalah merek sepatu lokal.

Kepopuleran merek-merek itu tentu timbul karena model dan kualitas sepatu lokal kini setara dengan brand luar yang lebih dulu eksis.

Pengamat sneaker Tirta Mandira Hudhi atau lebih dikenal dengan Dr.Tirta menyebut, setidaknya ada 5 sepatu merek lokal terbaik di tahun ini.

“Bukan berarti yang lain jelek, tapi lima sepatu ini levelnya udah beda. Masif dan keren,” katanya.

Berikut adalah 5 sepatu terbaik itu:

Sepatu Ventela seri Retro.Dok. Ventela Sepatu Ventela seri Retro.

1. Ventela
Popularitas sepatu dengan siluet mirip sepatu Converse ini terus melejit, bahkan Venetela menjadi merek sepatu yang paling dicari di Indonesia sepanjang 2019.

Menurut Tirta, Ventela diproduksi oleh pabrik besar di Bandung yang sudah bertahan dari tahun 70an.

“Dulu memproduksi brand lokal namanya Dallas, lalu reborn menjadi Ventela. Kelebihan sepatu ini ada pada tiga hal, insole paling ringan, empuk, kanvasnya ada 12 oz,” kata Tirta kepada Kompas.com

Material kanvas tersebut memberikan tekstur yang tebal, kuat, dan kaku. Meski demikian, menurut Tirta, sepatu ini memiliki kelemahan dalam hal desain.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X