Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Sembuh dari Infeksi Virus Corona, Akankah Pasien Menjadi Imun?

Kompas.com - 10/03/2020, 12:09 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Saat ini publik memiliki banyak pertanyaan mengenai infeksi virus corona COVID-19. Hal ini didasari oleh kekhawatiran terkena virus tersebut ketika sedang beraktivitas sehari-hari.

Angka kematian pasien virus corona yang terus meningkat juga menjadi kekhawatiran tersendiri.

Dilansir dari CNN, hingga Senin pagi, virus corona sudah mengakibatkan kematian terhadap lebih dari 3.800 orang dan menginfeksi lebih dari 108.000 orang di seluruh dunia.

Baca juga: Kenali Gejala Infeksi Virus Corona dari Jenis Batuk

Kemungkinan sembuh dari infeksi virus corona menjadi salah satu pertanyaan terbanyak yang diterima CNN. Selain itu, apakah pasien yang nantinya sudah sembuh dari penyakit ini menjadi imun?

Pertama, kebanyakan pasien infeksi virus corona bisa sembuh. Pekan lalu, ditektur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional Amerika Serikat memperkirakan angka kematian "sekitar 2 persen."

Namun, tingkat kematian yang sebenarnya mungkin jauh lebih rendah, karena beberapa orang yang sembuh dari infeksi virus corona mungkin belum diuji dan mungkin tidak melaporkan kasusnya.

Lalu, apakah pasien yang pulih memiliki imun terhadap virus tersebut?

Terlalu dini untuk memastikan jawabannya. Namun, penyakit dari kelompok virus corona lainnya, seperti common cold (flu biasa) mungkin bisa memberikan gambaran.

Baca juga: Seberapa Mematikan Infeksi Virus Corona?

Seorang profesor kedokteran dan penyakit menular di New Fakultas Kedokteran Universitas York, Dr. Celine Gounder menjelaskan, pada kasus flu, tubuh kita sebetulnya tidak memiliki kekebalan yang bertahan lama. Sehingga dia tidak bisa memprediksi untuk kasus virus corona khusus ini.

"Jika Anda pulih, apakah Anda kebal? Dan jika Anda kebal, berapa lama itu bertahan? Maka yang menjadi salah satu tantangan dalam merancang vaksin adalah bagaimana benar-benar memberikan kekebalan bertahan cukup lama untuk melindungi tubuh dari serangan virus," ungkapnya.

Baca juga: Covid-19: Ujian Kesehatan, Kesadaran, dan Kewarasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com