Kompas.com - 10/03/2020, 15:00 WIB
Ilustrasi keran air. SHUTTERSTOCKIlustrasi keran air.

KOMPAS.com - Kuman atau istilah untuk menyebut semua mikroorganisme, bakteri, dan virus ada di hampir semua tempat, mulai dari kamar, kantor, hingga di mobil.

Beruntung, 99 persen dari kuman itu tidak membahayakan. Sisanya, sekitar 1 persen bisa menyebabkan penyakit (patogen), seperti batuk dan pilek biasa, diare, hingga yang menyebabkan kematian.

Ada beberapa tempat yang memang memiliki jumlah kuman terbanyak, antara lain rumah sakit atau dudukan toilet. Namun, ternyata ada beberapa benda atau tempat yang menjadi tempat berkumpul kuman dan sering kita sentuh.

1. Keran air di dapur
Bagian ujung keran air yang terbuat dari metal merupakan magnet bagi kuman. Air yang mengalir akan membuat permukaannya lembap, tempat yang ideal untuk tumbuhnya bakteri.

Selain itu, air keran juga tidak steril dan kita terkadang menyentuhnya dengan tangan kotor saat mencuci piring atau membersihkan daging di dapur.

Seiring waktu, bakteri akan menumpuk dan membentuk dinding patogen yang disebut biofilm dan menempel di permukaan ujung keran.

Untuk menjaga kebersihannya, seminggu sekali copot lapisan keran air dan rendam dalam cairan pemutih. Bersihkan, lalu pasang kembali.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Panduan Melakukan Detoks Dapur

2. Tempat cuci piring
Bakteri dari makanan makan malam kemarin bisa berada di sendok makanan hari ini jika kita kurang menjaga kebersihan. Penelitian menunjukkan, ada lebih dari 500.000 bakteri di tempat cucian piring rumah tangga, sekitar 1.000 kali lebih banyak daripada dudukan toilet.

Jaga kebersihan tempat cuci piring dengan selalu membuang sisa makanan dan seminggu sekali bersihkan dengan cairan disinfektan. Sabun dan air saja tidak cukup untuk membersihkan area ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X