Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Benda Paling Berkuman yang Kita Sentuh Tiap Hari

Kompas.com - 10/03/2020, 15:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Kuman atau istilah untuk menyebut semua mikroorganisme, bakteri, dan virus ada di hampir semua tempat, mulai dari kamar, kantor, hingga di mobil.

Beruntung, 99 persen dari kuman itu tidak membahayakan. Sisanya, sekitar 1 persen bisa menyebabkan penyakit (patogen), seperti batuk dan pilek biasa, diare, hingga yang menyebabkan kematian.

Ada beberapa tempat yang memang memiliki jumlah kuman terbanyak, antara lain rumah sakit atau dudukan toilet. Namun, ternyata ada beberapa benda atau tempat yang menjadi tempat berkumpul kuman dan sering kita sentuh.

1. Keran air di dapur
Bagian ujung keran air yang terbuat dari metal merupakan magnet bagi kuman. Air yang mengalir akan membuat permukaannya lembap, tempat yang ideal untuk tumbuhnya bakteri.

Selain itu, air keran juga tidak steril dan kita terkadang menyentuhnya dengan tangan kotor saat mencuci piring atau membersihkan daging di dapur.

Seiring waktu, bakteri akan menumpuk dan membentuk dinding patogen yang disebut biofilm dan menempel di permukaan ujung keran.

Untuk menjaga kebersihannya, seminggu sekali copot lapisan keran air dan rendam dalam cairan pemutih. Bersihkan, lalu pasang kembali.

Baca juga: Panduan Melakukan Detoks Dapur

2. Tempat cuci piring
Bakteri dari makanan makan malam kemarin bisa berada di sendok makanan hari ini jika kita kurang menjaga kebersihan. Penelitian menunjukkan, ada lebih dari 500.000 bakteri di tempat cucian piring rumah tangga, sekitar 1.000 kali lebih banyak daripada dudukan toilet.

Jaga kebersihan tempat cuci piring dengan selalu membuang sisa makanan dan seminggu sekali bersihkan dengan cairan disinfektan. Sabun dan air saja tidak cukup untuk membersihkan area ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com