Kompas.com - 10/03/2020, 20:23 WIB
Ilustrasi gempa bumi ShutterstockIlustrasi gempa bumi

KOMPAS.com— Rasa pusing setelah gempa atau yang disebut juga dengan earthquake sickness biasa dirasakan oleh para korban gempa saat gempa sudah usai.

Istilah ini merujuk pada kumpulan sensasi yang dialami oleh korban gempa bumi, bahkan lama setelah tanah berhenti bergetar. Menurut para dokter di Jepang, Gejala utamanya adalah pusing.

“Kondisi ini mirip dengan mabuk perjalanan," kata Dr. Hideaki Sakata dari Mejiro University Clinic, seperti dikutip dari AFP.

Rasa pusing ini muncul karena terganggunya keseimbangan dalam otak akibat goyangan, serta munculnya masalah psikologis seperti kecemasan.

Namun ada sindrom yang lebih berat yang dialami mereka yang khawatir bahwa gempa berikutnya dapat terjadi kapan saja. Hal yang disebut phantom earthquake syndrome atau yang biasa disebut merasakan gempa ilusi, ini bisa membuat semakin stres.

Apa itu gempa ilusi?

Phantom quake atau gempa ilusi adalah keadaan ketika seseorang yakin bumi bergemuruh di bawah kakinya meskipun pada kenyataannya tidak. Biasanya sensasinya mirip dengan orang yang baru saja turun dari sebuah kapal.

Adakah gejala lain?

Gejala lain yang ditunjukkan adalah kecemasan. Maklum, para penyintas gempa bumi umumnya khawatir bencana besar lain bisa terjadi kapan saja.

Kekhawatiran itu tidak mungkin diabaikan. Di daerah timur Jepang, daerah yang dilanda gempa dan tsunami telah diguncang oleh lebih dari 400 gempa susulan berkekuatan magnitudo 5,0 atau lebih besar.

Lebih dari 65 diantaranya berkekuatan magnitudo 6,0 atau lebih tinggi, dan setidaknya lima kali berkekuatan magnitudo 7,0. Masing-masing dari mereka memiliki potensi untuk membuat orang semakin cemas.

Phantom earthquake syndrome umumnya berlangsung lebih lama dan dialami penduduk yang berada di daerah gempa, atau sering mengalami gempa. 

Sedangkan earthquake sickness biasanya terjadi hanya setelah seseorang mengalami gempa. Nah apakah kamu merasakannya setelah gempa yang terjadi petang ini?



Sumber The Week
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X