Mengenal Tata Cara Menikmati Afternoon Tea ala Inggris

Kompas.com - 11/03/2020, 06:15 WIB
Tory Burch Afternoon Tea Set di Peacock Lounge Fairmont Jakarta KOMPAS.com /Gading PerkasaTory Burch Afternoon Tea Set di Peacock Lounge Fairmont Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Teh adalah minuman yang digemari banyak orang di seluruh dunia. Bahkan, Inggris memiliki tradisi minum teh di sore hari yang disebut " afternoon tea."

Pada abad ke-19, afternoon tea adalah pengisi waktu antara makan pagi dan makan malam, karena pada waktu itu di Inggris belum mengenal jam makan siang.

Dalam tradisi afternoon tea, teh disajikan dengan berbagai kudapan seperti scones, red velvet, sandwich, serta kue kering lain yang disusun di nampan tiga tingkat.

Baca juga: 8 Manfaat Teh Melati yang Sayang untuk Dilewatkan

Namun bukan sekadar menikmati teh, ternyata ada tata cara yang perlu ditaati dalam afternoon tea.

"Banyak orang menganggap afternoon tea dan high tea itu sama, tapi faktanya beda. Afternoon tea dinikmati di sore hari, sedangkan high tea dinikmati di waktu menjelang malam dan dilakukan di atas meja makan."

Demikian kata Felicia Setiawan, Director of Marketing and Communications Fairmont Jakarta di acara peluncuran Tory Burch Afternoon Tea Set di Peacock Lounge Fairmont, Jakarta, Selasa (10/03/2020).

"Sementara untuk dress code, kalau dulu orang-orang Inggris mengenakan gaun panjang dan sarung tangan, sekarang kita hanya perlu memakai pakaian smart casual," ujarnya.

Baca juga: Mengandung Antioksidan Ini Efek Minum Teh Setiap Hari

Selain itu, kata Felicia, urutan mengambil kudapan dan memegang cangkir teh juga penting diketahui.

"Dalam afternoon tea, kudapan yang pertama kali kita ambil adalah scones yang berada di tier bawah, lalu kudapan gurih atau asin, dan terakhir kue manis di tier atas," kata Felicia.

"Cara memegang cangkir, jangan menyangkutkan jari telunjuk kita ke gagang cangkir, cukup memegangnya dengan cara dicubit."

"Terakhir, sebelum menuangkan teh ke cangkir kita sendiri, tawarkan lebih dulu orang lain yang kita ajak menikmati afternoon tea."

Baca juga: 5 Jenis Teh dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X