Kompas.com - 11/03/2020, 09:33 WIB
Ilustrasi keluarga bahagia imtmphotoIlustrasi keluarga bahagia
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mayoritas orangtua mengaku sayang dan ingin anaknya tumbuh dengan optimal. Namun, cara mereka menunjukkan kasih sayang orangtua ini terkadang keliru, misalnya hanya pada pemberian mainan edukatif dan mengesampingkan aspek emosional anak.

Orangtua merupakan guru pertama yang mengajarkan begitu banyak hal pada anak, termasuk dari sisi emosional berupa cinta kasih.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan sepanjang 12 tahun, terungkap bahwa anak yang dibesarkan dengan merasakan kasih sayang orangtua memiliki masa depan yang lebih baik.

Kasih sayang orangtua ini bisa dicurahkan dengan cara sederhana, salah satunya adalah meluangkan waktu lebih lama bersama anak.

Dengan demikian, anak akan merasa bahagia dan aman sehingga berimbas positif pada banyak aspek dalam kehidupannya.

Baca juga: 6 Stimulus Kasih Sayang demi Tumbuh dan Kembang Anak

Bagaimana cara menunjukkan kasih sayang orangtua?

Setiap orangtua memiliki caranya sendiri dalam menunjukkan kasih sayang. Namun idealnya, kasih sayang itu harus disesuaikan dan dikembangkan berdasarkan usia anak, misalnya:

  • Saat anak masih kecil, kasih sayang orangtua dapat ditunjukkan dengan cara fisik, misalnya memeluk, menggandeng tangan, maupun meluangkan waktu untuk bermain dengannya.
  • Pilihlah permainan menyenangkan yang juga bisa melatih sensorik mereka, seperti membiarkan mereka menyentuh wajah atau rambut kita.
  • Saat anak berusia di bawah lima tahun (balita), kasih sayang orangtua ditunjukkan dengan menambahkan perasaan aman pada anak serta banyak mengajak anak berdiskusi mengenai kegiatannya sehari-hari.
  • Saat anak beranjak remaja, bentuk kasih sayang orangtua lebih ke faktor nonfisik, misalnya mengingat tanggal ulang tahun; atau menghargai perasaan anak, misalnya ketika gagal atau berhasil melakukan sesuatu.

Baca juga: Ciri Anak Sehat dan Cukup Kasih Sayang

Salah satu pola asuh yang banyak disarankan para psikolog adalan positive parenting. Dalam hal ini, orangtua menunjukkan kehangatan dan rasa cinta pada anak, namun tetap menerapkan peraturan yang harus ditaati anak dengan tujuan membentuk mental dan emosi anak yang lebih stabil.

Dalam positive parenting, bentuk kasih sayang orangtua antara lain adalah:

Interaksi yang hangat dan mencintai anak

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X