8 Pertanyaan Seputar Wabah Virus Corona dan Ibu Hamil

Kompas.com - 11/03/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi perempuan hamil. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi perempuan hamil.

KOMPAS.com - Menjalani masa kehamilan di tengah berjangkitnya virus secara global dan belum ditemukan pengobatan atau pun vaksinnya, tentu mengakibatkan ketidaknyamanan. 

Merebaknya virus corona atau Covid-19, telah membuat wanita hamil mempertanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan diri dan janinnya.

Mulai dari apakah mereka harus berhenti berpergian, apakah harus bekerja dari rumah, melakukan karantina sendiri, atau baik-baik saja melanjutkan kehidupan normal. 

Baca juga: Face Mist Bisa Bantu Cegah Infeksi Virus Corona, Benarkah?

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan seputar kehamilan dan wabah virus corona.

1. Apakah ibu hamil berisiko lebih tinggi?

Para ahli tidak tahu tentang hal ini. Sebab, Covid-19 adalah virus baru, tidak ada laporan ilmiah yang diterbitkan tentang apakah wanita hamil lebih rentan daripada populasi umum.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menunjukkan, wanita hamil memang mengalami pelemahan sistem kekebalan tubuh, dan mungkin lebih rentan terhadap infeksi pernapasan, termasuk Covid-19.

Berdasarkan data dari kasus sejenis yang pernah ada, seperti SARS dan MERS, beberapa ahli meyakini, wanita hamil mungkin berisiko lebih tinggi, tetapi data itu tetap terbatas dan tidak bisa dijadikan kesimpulan.

Baca juga: Gejala Virus Corona Muncul Lima Hari Setelah Tertular

Untuk saat ini, baik CDC maupun American College of Obstetricians and Gynaecologists tidak merekomendasikan pedoman khusus untuk wanita hamil, selain pedoman umum bagi semua orang terkait wabah virus corona.

2. Langkah apa yang harus dilakukan ibu hamil?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X