Kompas.com - 11/03/2020, 14:32 WIB
- shutterstock-

KOMPAS.com - Sering mencuci tangan memang bisa menghindarkan kita dari kontaminasi virus atau bakteri. Tapi, di lain pihak kebiasaan ini juga bisa membuat kulit tangan menjadi kering.

Dr Lindsay Broadbent dari Pusat Infeksi dan Imunitas Queen’s University Belfast mengatakan, kita bisa menggunakan krim tangan jika kulit tangan terasa kering.

"Tidak ada masalah menggunakan hand cream selama tangan sudah dikeringkan dengan baik sebelum mengaplikasikannya," kata dia.

Broadbent menyarankan agar kita membawa produk sendiri untuk lebih aman. Sebab, kita tidak tahu apakah orang lain telah mencuci tangannya dengan baik atau belum sebelum menyentuh botol losion.

Baca juga: Wabah Virus Corona dan Kekuatan Cuci Tangan

Saat mengaplikasikan, semprotkan krim ke bagian punggung tangan tanpa menyentuh pipa semprot.

“Virus corona tidak akan bertahan lama di krim tangan, tapi demi kebersihan lebih baik tidak menyentuh pipa semprot karena bakteri dan jamur secara teknis bisa bertahan di sana,” ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Petugas Dinas Kesehatan DKI Jakarta menjelaskan pemakaian masker dan edukasi cuci tangan yang benar dalam sosialisasi pencegahan virus Corona kepada masyarakat saat hari bebas kendaraan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2020). Sosialisasi dilakukan di empat titik yakni Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia (HI), depan patung Kuda Arjuna Wiwaha, dan depan fX Sudirman.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas Dinas Kesehatan DKI Jakarta menjelaskan pemakaian masker dan edukasi cuci tangan yang benar dalam sosialisasi pencegahan virus Corona kepada masyarakat saat hari bebas kendaraan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2020). Sosialisasi dilakukan di empat titik yakni Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia (HI), depan patung Kuda Arjuna Wiwaha, dan depan fX Sudirman.

Jika kulitmu pecah-pecah dan terasa perih namun kamu tidak memiliki krim tangan, tak masalah menggunakan pelembap yang tersedia di beberapa toilet umum. Namun, pastikan kamu tidak menyentuh aplikator.

"Cuci tanganmu, ambil tisu untuk menekan botol pelembap sehingga kamu tidak menyentuhnya dengan tangan telanjang," kata Dr Stephen Griffin dari kelompok riset antivirus dan onkologi virus di University of Leeds.

Griffin juga menjelaskan bahwa menggunakan losion bisa menjadi alternatif pencegahan yang baik karena kita akan lebih rentan terinfeksi jika kulit pecah-pecah atau berdarah.

"Dinding pelindung pertama dari segala jenis kuman adalah kulit kita," kata dia.

Griffin dan Broadbent mencuci tangan mereka secara rutin saat bekerja dan menggunakan krim tangan secara berkala. Namun, Broadbent memiliki tipe kukit kering dan memiliki eksim, sehingga ia harus memilih produk dengan kandungan khusus.

Baca juga: Kenali, Batuk Kering Penanda Virus Corona

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.