Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/03/2020, 14:32 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sering mencuci tangan memang bisa menghindarkan kita dari kontaminasi virus atau bakteri. Tapi, di lain pihak kebiasaan ini juga bisa membuat kulit tangan menjadi kering.

Dr Lindsay Broadbent dari Pusat Infeksi dan Imunitas Queen’s University Belfast mengatakan, kita bisa menggunakan krim tangan jika kulit tangan terasa kering.

"Tidak ada masalah menggunakan hand cream selama tangan sudah dikeringkan dengan baik sebelum mengaplikasikannya," kata dia.

Broadbent menyarankan agar kita membawa produk sendiri untuk lebih aman. Sebab, kita tidak tahu apakah orang lain telah mencuci tangannya dengan baik atau belum sebelum menyentuh botol losion.

Baca juga: Wabah Virus Corona dan Kekuatan Cuci Tangan

Saat mengaplikasikan, semprotkan krim ke bagian punggung tangan tanpa menyentuh pipa semprot.

“Virus corona tidak akan bertahan lama di krim tangan, tapi demi kebersihan lebih baik tidak menyentuh pipa semprot karena bakteri dan jamur secara teknis bisa bertahan di sana,” ujarnya.

Petugas Dinas Kesehatan DKI Jakarta menjelaskan pemakaian masker dan edukasi cuci tangan yang benar dalam sosialisasi pencegahan virus Corona kepada masyarakat saat hari bebas kendaraan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2020). Sosialisasi dilakukan di empat titik yakni Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia (HI), depan patung Kuda Arjuna Wiwaha, dan depan fX Sudirman.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas Dinas Kesehatan DKI Jakarta menjelaskan pemakaian masker dan edukasi cuci tangan yang benar dalam sosialisasi pencegahan virus Corona kepada masyarakat saat hari bebas kendaraan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2020). Sosialisasi dilakukan di empat titik yakni Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia (HI), depan patung Kuda Arjuna Wiwaha, dan depan fX Sudirman.

Jika kulitmu pecah-pecah dan terasa perih namun kamu tidak memiliki krim tangan, tak masalah menggunakan pelembap yang tersedia di beberapa toilet umum. Namun, pastikan kamu tidak menyentuh aplikator.

"Cuci tanganmu, ambil tisu untuk menekan botol pelembap sehingga kamu tidak menyentuhnya dengan tangan telanjang," kata Dr Stephen Griffin dari kelompok riset antivirus dan onkologi virus di University of Leeds.

Griffin juga menjelaskan bahwa menggunakan losion bisa menjadi alternatif pencegahan yang baik karena kita akan lebih rentan terinfeksi jika kulit pecah-pecah atau berdarah.

"Dinding pelindung pertama dari segala jenis kuman adalah kulit kita," kata dia.

Griffin dan Broadbent mencuci tangan mereka secara rutin saat bekerja dan menggunakan krim tangan secara berkala. Namun, Broadbent memiliki tipe kukit kering dan memiliki eksim, sehingga ia harus memilih produk dengan kandungan khusus.

Baca juga: Kenali, Batuk Kering Penanda Virus Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com