Pakai Kacamata Bantu Menangkal Penularan Virus Corona

Kompas.com - 11/03/2020, 17:36 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Tidak seperti masker wajah - yang mana sebagian besar tidak berfungsi, kacamata sebenarnya bisa menjadi penghalang efektif antara tubuh kita dan virus corona.

Itu karena, virus corona dapat menyebar melalui mata, kata para ahli kepada New York Post.

Kacamata bisa bertindak sebagai perisai pelindung.

"Bagi orang-orang yang sudah memakai kacamata, itu bisa memberi mereka ukuran perlindungan," kata Robyn Gershon, profesor epidemiologi di New York University School of Global Public Health.

Baca juga: Takut Corona, Naomi Campbell Pakai Hazmat dan Masker N95 di Bandara

Virus ini umumnya ditularkan melalui tetesan dari batuk atau bersin orang yang terinfeksi.

Tetesan tersebut dapat masuk ke tubuh orang lain melalui hidung, mulut, atau dalam beberapa kasus, mata mereka, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Dengan kacamata, kata Gershon, "percikan besar atau tetesan tidak bisa langsung masuk ke mata saya."

Gershon --yang mengenakan kacamata tanpa bingkai saat naik kereta bawah tanah-- mengatakan itu umum dalam pengaturan perawatan kesehatan untuk memakai alat pelindung mata ketika memiliki risiko paparan tetesan.

Dia mengakui, spesifikasi kacamata sehari-harinya bukan dari uji lab kelas praktikum, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Baca juga: Virus Corona bisa Menempel di Ponsel Selama 9 Hari, Bersihkan Ponselmu

Jake Deutsch, dokter yang berbasis di Manhattan dan direktur klinis serta co-founder Specialty Infusion setuju dengan tindakan yang lebih baik daripada tidak sama sekali.

Halaman:


Sumber NYPost
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X