Kompas.com - 11/03/2020, 19:11 WIB
Kedapatan sedang bercinta JackFKedapatan sedang bercinta
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kasus infeksi virus corona sudah muncul di lebih dari 110 negara. Di Indonesia sendiri, hingga Rabu sore, tercatat sudah 34 kasus yang dinyatakan pasien positif COVID-19.

Virus ini diketahui bisa menyebar lewat tetesan yang keluar dari mulut saat bersin atau batuk. Namun, apakah virus ini bisa menular lewat hubungan intim?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengatakan bahwa virus corona utamanya menyebar dari orang ke orang perorangan, terutama jika orang tersebut melakukan kontak dekat dengan orang lain.

Kontak dekat sendiri didefinisikan sebagai kontak dalam jarak kurang dari enam kaki atau 1,8 meter antara orang satu dan orang lainnya.

Virus corona dapat menular orang lain melalui tetesan bersin atau batuk dari orang yang terinfeksi. Tetesan tersebut dapat mendarat di mulut atau hidung orang-orang yang berada di dekatnya atau mungkin terhirup ke dalam paru-paru.

Baca juga: Menghindari Virus Corona, Apa yang Harus Dilakukan?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orang-orang yang dianggap paling menularkan virus adalah mereka yang menunjukkan gejala dan sedang berada pada kondisi paling sakit.

Ada kasus di mana virus telah menyebar sebelum orang menunjukkan gejala, tetapi ini tidak dianggap sebagai cara utama penyebaran.

Lalu bagaimana dengan berhubungan intim? Kita tahu virus ada di tetesan pernapasan dan karena itulah negara-negara seperti Prancis telah mengimbau orang-orang di negaranya untuk mencium pipi. Mencium pasangan atau pasangan seksual, tentu saja, lebih intim daripada ciuman di pipi.

Karenanya, bercumbu dengan orang yang terinfeksi virus corona kemungkinan akan membuat seseorang juga terinfeksi virus tersebut.

"Pada titik ini, kami tidak tahu detail spesifik ini," kata Kristin Englund, MD, dari departemen penyakit menular di Klinik Cleveland.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X