Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2020, 10:00 WIB

KOMPAS.com – Demi memutus penyebaran virus corona, Pemerintah Italia menerapkan isolasi di seluruh negeri. Warga diminta untuk berdiam di rumah, kecuali untuk kondisi atau kebutuhan darurat.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan, isolasi dari dunia luar itu dimulai pada Selasa (10/3/2020). Warga juga diminta membatasi kontak sosial sebisa mungkin.

Sebagai bagian dari isolasi tersebut, upacara dan perayaan keagamaan pun ditunda atau dibatalkan, termasuk pemakaman dan pesta pernikahan.

Walau begitu, rumah ibadah tetap dibuka asalkan orang yang datang menjaga jarak sekitar satu meter satu sama lain.

Baca juga: WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global

Seorang wanita memakai masker wajah saat berswafoto di Galleria Vittorio Emanuele II setelah dekrit yang memerintahkan seluruh Italia untuk ditutup sebagai tindakan keras yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mencegah penyebaran virus COVID-19, di Milan, Italia, Selasa (10/3/2020). Kian merajalelanya virus corona (COVID-19) membuat sejumlah kawasan di berbagai belahan dunia yang selama ini dikenal ramai seketika berubah menjadi sepi.ANTARA FOTO/REUTERS/FLAVIO LO SC Seorang wanita memakai masker wajah saat berswafoto di Galleria Vittorio Emanuele II setelah dekrit yang memerintahkan seluruh Italia untuk ditutup sebagai tindakan keras yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mencegah penyebaran virus COVID-19, di Milan, Italia, Selasa (10/3/2020). Kian merajalelanya virus corona (COVID-19) membuat sejumlah kawasan di berbagai belahan dunia yang selama ini dikenal ramai seketika berubah menjadi sepi.

Italia pun menjadi seperti kota mati. Museum, sekolah, pusat olahraga, spa, dan acara-acara olahraga ditutup atau dibatalkan. Isolasi ini diperkirakan berlangsung sampai tanggal 3 April.

Hanya urusan keluarga yang mendesak, darurat, atau mereka yang harus bekerja dengan alasan khusus yang tetap boleh keluar rumah selama masa isolasi ini. Semua penerbangan internasional dari dan ke Italia dibatalkan.

Langkah-langkah yang diambil Pemerintah Italia ini belum pernah diterapkan pada negara Barat sejak Perang Dunia II.

Belum diketahui seberapa efektif langkah isolasi negara itu dapat menjamin keselamatan 60 juta penduduknya yang saat ini sedang cemas karena cepatnya penyebaran Covid-19.

Dua hari setelah Italia dikarantina, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah corona sebagai pandemi global karena jumlah infeksi di seluruh dunia mencapai lebih dari 121.000.

Baca juga: Cegah Infeksi Corona, Hindari Pakai Sampel Produk di Toko Kosmetik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.