Kompas.com - 12/03/2020, 19:22 WIB
Cosmetodermatologist dan pendiri kosmetik Ristra, Dr. Retno Iswari Tranggono, FISCD, FINS-DV pada acara peluncuran bukunya Spread the Love di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020). KOMPAS.com/Nabilla TashandraCosmetodermatologist dan pendiri kosmetik Ristra, Dr. Retno Iswari Tranggono, FISCD, FINS-DV pada acara peluncuran bukunya Spread the Love di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Usia boleh saja menginjak 80 tahun, namun Retno Iswari Tranggono atau yang lebih dikenal Retno Tranggono masih memiliki kulit yang cantik dan tampak awet muda untuk usianya.

Cosmetodermatologist dan pendiri kosmetik Ristra itu berbagi sedikit resep pola hidup sehatnya yang selama ini dijalani. Salah satunya adalah mengontrol pola makan.

"Saya penderita diabet tapi terkontrol," ungkapnya seusai peluncuran bukunya "Spread the Love" di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020).

Baca juga: Menyingkap Rahasia Awet Muda Sophia Latjuba

Misalnya, menghindari nasi putih yang tinggi kalori dan menggantinya dengan nasi merah, serta mengonsumsi banyak sayur-sayuran. Beberapa menu sayuran yang digemarinya antara lain pecel dan urap.

Dalam buku tersebut, Retno juga bercerita sedikit mengenai pola makannya yang banyak didominasi masakan rumah.

Selain menjaga pola makan, ibu tiga anak itu juga rutin berolahraga. Setiap pagi ia melakukan jalan kaki di sekitar kompleks, setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam beberapa tahun terakhir, Retno Tranggono yang pernah divonis kanker kolon tersebut juga mengonsumsi minuman herbal.

"Seperti daun kelor, pare, nanas, diseduh saja dengan air panas lalu diminum," kata dia.

Terakhir, Retno menyebutkan bahwa resep awet mudanya adalah mensyukuri segala sesuatu yang terjadi dalam hidup.

"Life peacefully, happy. Masalah selalu ada, tapi selalu bersyukur. Bersyukur atas suatu cobaan agar ke depan bisa lebih baik," pungkas Retno Tranggono.

Baca juga: Usia 63 Tahun, Ini Cara Kris Jenner Menjaga Tampilan Awet Muda

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.