Kompas.com - 13/03/2020, 12:05 WIB
Ilustrasi pria makan burger LightFieldStudiosIlustrasi pria makan burger

KOMPAS.com – Gaya hidup dan pola makan tidak sehat bukan hanya berpengaruh pada kesehatan jantung dan berat badan, tapi juga dapat membuat jumlah sperma berkurang.

Jumlah sperma merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan program kehamilan. Makin sedikit jumlah sperma, makin rendah pula tingkat kesuburan seorang pria.

Salah satu cara untuk mendongkrak jumlah sperma adalah dengan memperbaiki pola makan. Hal itu dibuktikan dalam penelitian terhadap lebih dari 2.900 pria dengan usia rata-rata 19 tahun.

Mereka yang menjalani pola makan tinggi ikan, ayam, sayuran, buah, dan cukup air putih, diketahui memiliki jumlah sperma lebih tinggi dibanding dengan pria yang menjalani pola makan tidak sehat, seperti makanan instan, tinggi gula, dan tepung.

Menurut ketua peneliti peneliti postdoctoral dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard, Feiby Nassan, jumlah sperma pada pria yang pola makannya sehat sekitar 167 juta, diikuti dengan penganut pola makan vegetarian 151 juta, dan pola makan Denmark sekitar 146 juta.

Sebaliknya, pria dengan pola makan tidak sehat memiliki jumlah sperma sekitar 122 juta. Selain itu, kadar hormon seks mereka juga lebih rendah.

Faktor lain yang sudah terbukti memengaruhi jumlah sperma adalah lingkungan, seperti kebiasaan merokok, radiasi, pestisida, dan juga paparan logam berat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Berapa Lama Sperma di Luar Tubuh Bisa Hidup?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.