Beragam Olahraga Ringan dan Manfaatnya bagi Tubuh

Kompas.com - 13/03/2020, 16:33 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Salah satu kunci hidup sehat adalah rutin berolahraga. Tapi jangan bayangkan kamu harus melakukan olahraga berat di pusat kebugaran karena penelitian menunjukkan olahraga ringan di rumah atau lingkungan sekitar pun memiliki efek yang sama baiknya bagi kesehatan tubuh.

Olahraga ringan adalah latihan yang membutuhkan lebih sedikit tenaga dibanding latihan level sedang atau berat.

Parameter utamanya adalah sedikitnya oksigen yang dibutuhkan tubuh, baik ketika melakukan latihan ini maupun saat duduk untuk beristirahat selepas olahraga.

Cara paling mudah untuk membedakan olahraga ringan dengan ringan atau berat adalah dengan ‘tes bicara’. Pada olahraga ringan, kita masih bisa berbicara bahkan bernyanyi sambil bergerak aktif.

Jenis olahraga ringan yang mudah dilakukan

Gerakan pada olahraga ringan sangat sederhana, yakni hanya perlu bergerak sedikit. Olahraga ini pun bisa dilakukan di rumah, pusat kegiatan masyarakat, bahkan di kantor.

Kegiatan rumah seperti menyapu, mencuci baju, menyetrika, atau membersihkan ventilasi bahkan masuk dalam kategori olahraga ringan. Selain itu, gerakan olahraga ringan lain yang bisa kita lakukan adalah:

1. Peregangan dada

Olahraga ringan ini dapat dilakukan di rumah, baik pada pagi maupun sore hari, serta bertujuan membuat postur tubuh lebih baik.

Untuk melakukannya, kita hanya membutuhkan kursi tanpa roda atau tanpa lengan, untuk  gerakan peregangan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X