Kompas.com - 13/03/2020, 17:55 WIB
Mantan Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi (baju hijau) ketika menghadiri peluncuran buku Pendiri kosmetik Ristra Retno Tranggono di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020). KOMPAS.com/Nabilla TashandraMantan Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi (baju hijau) ketika menghadiri peluncuran buku Pendiri kosmetik Ristra Retno Tranggono di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditinggal suami tercinta untuk selamanya pada 2016 lalu menjadi momentum yang tidak mudah untuk dilalui bagi seorang Retno Iswari Tranggono atau yang lebih dikenal Retno Tranggono.

Selain sebagai pasangan hidup, sang suami almarhum Suharto Tranggono juga merupakan rekan yang sama-sama merintis lini kosmetik Ristra sejak 1984.

Setelah ditinggal sang suami, Retno mengalami kanker kolon dan otak. Berbagai upaya pengobatan telah dilaluinya, kini dosen sekaligus pendiri bagian bedah kulit dan kosmetologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu dinyatakan sembuh.

Baca juga: Resep Awet Muda Pendiri Ristra Retno Tranggono di Usia 80 Tahun

Perjalanan hidupnya yang penuh momentum suka dan duka serta keajaiban itu dituangkan Retno ke dalam buku keempatnya yang berjudul Spread the Love: Kilau Mutiara di Ujung Senja.

"Saya menyadari semua yang terjadi pada saya adalah mukjizat," ucapnya dalam peluncuran buku di gedung Perpustakaan Daerah, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020).

Retno menyadari, banyak sekali berkah yang diberikan Tuhan kepadanya hingga saat ini telah menginjak usia 80 tahun.

Lewat buku setebal 292 halaman itu, Retno ingin menginspirasi lebih banyak orang agar tidak berputus asa dalam menjalani rintangan dalam hidup.

Bahkan, diakui ibu tiga anak ini, cobaan yang dihadapinya dalam beberapa tahun terakhir ini membuatnya bertransformasi menjadi sosok manusia yang baru.

Baca juga: Gejala Kanker Kolon dan Bagaimana Mencegahnya Sejak Dini

"Maka judul bukunya Spread the Love. Saya ingin membagikan cinta Tuhan kepada masyarakat semua," tuturnya.

Retno juga turut berbagi sedikit tips tetap tampil awet muda di usianya saat ini, yakni mensyukuri semua berkah yang diberikan oleh Sang Pencipta.

"Life peacefully, happy. Masalah selalu ada, tapi selalu bersyukur. Bersyukur atas suatu cobaan agar ke depan bisa lebih baik," kata dia.

Adapun buku Spread the Love: Kilau Mutiara di Ujung Senja bisa didapatkan di BPK Gedung Mulia, toko buku Immanuel, Tokopedia, dan Instagram @Spreadthelovebook.

Baca juga: 7 Kiat Sederhana demi Kurangi Risiko Kanker



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X