Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2020, 12:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Imbas dari penyebaran virus corona, sebagian besar perusahaan di beberapa negara mulai menerapkan kebijakan work from home alias bekerja dari rumah untuk para karyawannya.

Namun, bekerja dari rumah tak semudah kedengarannya. Ada banyak potensi gangguan yang dihadapi. Bagi orang-orang yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, gangguan dari anak-anak yang berkeliaran di rumah adalah salah satunya.

Nicole Roder, penulis lepas, mencoba membagikan pengalamannya. Nicole juga menjadi ibu anak-anak homeschooling yang duduk di kelas 5 dan 6 sekolah dasar. Sementara dua anaknya yang lebih muda masih menjalani sekolah umum.

Tiga tahun bekerja dari rumah membuat Nicole kini sudah terbiasa multi-tasking. Seperti melakukan wawancara telepon sambil mengantar anak ke sekolah atau menulis artikel sambil menidurkan anak.

Baca juga: Sejumlah Perusahaan di Jakarta Mulai Perintahkan Karyawan Kerja dari Rumah

Kini, ada banyak ibu yang akan menjalani hari-hari yang sama seperti Nicole. Lalu, apakah bekerja dari rumah dengan anak-anak di sekeliling mungkin dilakukan?

"Ya, ini bisa dilakukan," kata Nicole, seperti dilansir dari Business Insider.

Ia memahami bahwa akan ada perubahan yang cukup besar. Jika tadinya kamu bekerja di balik meja dengan kursi yang nyaman dan ruangan yang tenang, kini kamu mungkin terganggu dengan suara anak-anak yang juga menjalani program belajar di rumah.

Namun, jangan terlalu mengkhawatirkannya. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika bekerja di rumah dengan anak-anak di sekitar:

1. Jelaskan situasinya kepada anak

Kita semua pasti masih ingat perasaan ketika kita masih kecil dan sekolah diliburkan, seharian kita akan bermain dan melakukan apapun yang kita mau. Namun, mereka pasti paham jika ini hanya sementar.

Jelaskan kepada mereka bahwa ayah atau ibu punya tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan. Buatlah suasana kondusif dan mereka bisa bermain sendiri tanpa mengganggu orangtuanya bekerja.

Ilustrasi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi.

2. Buat jadwal "jam kerja"

Buatlah jam kerja dan beritahukan pada anak, termasuk memberitahu kapan kamu bisa bermain dengan mereka. Berjanjilah kepada mereka kamu akan berhenti bekerja sesuai waktu yang telah disepakati.

3. Minta bantuan anak yang sudah besar

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com