Kompas.com - 16/03/2020, 16:05 WIB

KOMPAS.com - Ketika sedang tidur, sebagian besar orang rentan terhadap aspirasi atau menghirup benda asing ke saluran udara, yang memungkinkan virus masuk ke dalam tubuh.

Menurut seorang dokter di Seattle, Amerika Serikat, Bruce L Davidson, saat pandemi Covid-19 seperti sekarang, risiko paparan virus corona saat tidur pun sangat besar.

"Virus corona menginfeksi sel-sel di bawah kotak suara (laring), saluran udara dan paru-paru, tidak seperti virus flu yang dimulai dari hidung dan tenggorokan kita," tulis Davidson.

"Selain partikel kecil yang terhirup di udara, virus corona mencapai sel-sel itu lewat cairan di hidung atau tenggorokan yang menyelinap melewati kotak suara kita dan masuk ke tenggorokan atau trakea."

Namun, Davidson yang merupakan ahli dalam penularan infeksi saluran pernapasan menyebut, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membatasi paparan terhadap virus saat tidur.

Baca juga: Social Distancing Efektif Cegah Penyebaran Corona, Bagaimana Caranya?

Pertama, ia menyarankan kita mencuci tangan dan wajah seandainya kita telah terkena kuman.

"Cuci tangan dan wajah kita dengan baik menggunakan sabun dan air hangat, termasuk mencuci seperempat inci ke dalam setiap lubang hidung. Lalu, sentuh bagian hidung dengan lembut," katanya.

Ia juga menyarankan agar membatasi obat penenang sebelum tidur, karena dapat meningkatkan aspirasi.

Yang terpenting, pastikan segala perangkat yang mereka pakai untuk tidur dalam kondisi bersih.

"Kuncinya adalah meminimalkan beban virus di sekitar wajah sebelum kita pergi tidur."

"Jika kita menggunakan perangkat di malam hari karena sleep apnea, hindarkan dari jangkauan orang batuk, bersin, atau bernapas, dan bersihkan secara teratur," tulis Dr. Davidson.

Virus corona adalah penyakit pernapasan, yang artinya menyebar saat orang yang terinfeksi mengalami bersin atau batuk.

Sejauh ini, virus corona telah menginfeksi lebih dari 152.000 orang di sedikitnya 144 negara di seluruh dunia.


Baca juga: Beda Jenis Permukaan, Beda Kemampuan Bertahan Virus Corona

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber NYPost


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.