Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernikahanmu Harus Tertunda karena Virus Corona? Lakukan 6 Hal Ini

Kompas.com - 17/03/2020, 08:17 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasangan selebritas Jessica Iskandar dan Richard Kyle memutuskan menunda acara pernikahan mereka yang akan digelar di Bandung dan Bali.

Penundaan pemberkatan dan resepsi ini menyusul wabah virus corona atau Covid-19 yang semakin merebak dan telah menjadi pandemi global.

Tak hanya Jessica dan Richard, virus Covid-19 memang memaksa sejumlah pasangan untuk menunda pesta pernikahan mereka.

Baca juga: Terimbas Wabah Corona, Saya Terpaksa Batalkan Pernikahan

Menurut Washiongtonia, selama berminggu-minggu, industri pernikahan telah bergulat dengan meningkatnya kekhawatiran tentang virus corona.

Belum lagi imbauan pemerintah untuk mempraktikkan jarak sosial, yang praktis membuat pasangan memilih untuk menjadwalkan ulang pernikahan mereka.

Buat kamu yang berencana untuk menunda pernikahan karena virus corona, perencana pernikahan yang juga desainer Lauryn Prattes memberikan tipsnya untuk dipertimbangkan bersama pasangan.

1. Jangan panik

Ini adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun situasi ini mungkin memberikanmu waktu untuk kembali merencanakan pernikahan impian lebih matang dari sebelumnya, hanya saja hari pelaksanaannya berbeda.

Namun bila kamu tak mementingkan pesta pernikahan, kamu dan pasangan bisa melakukan ijab kabul atau pemberkatan sederhana.

Setelah itu mendaftarkan pernikahan di KUA atau catatan sipil negara terlebih dahulu, sebelum akhirnya menggelar pesta saat situasi sudah kembali aman.

2. Hubungi wedding organizer

Bila kamu menggunakan jasa wedding organizer, kamu bisa berbagi cerita tentang kecemasanmu terkait virus corona dan pernikahanmu yang mungkin saja tertunda.

Baca juga: Isolasi Wabah Corona, Acara Pernikahan dan Pemakaman Ditunda di Italia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com