Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Corona, Starbucks Mulai Terapkan Penjualan “Take Away” Saja

Kompas.com - 17/03/2020, 11:47 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber FOXNEWS

KOMPAS.com – Jaringan gerai kopi Starbucks mulai menerapkan penjualan take away (dibawa pulang) saja selama dua minggu. Setidaknya hal itu berlaku di semua gerainya di Amerika Serikat dan Kanada dulu.

Gerai kopi yang berbasis di Seattle ini mengumumkan mereka tidak lagi menyediakan tempat duduk dan area patio. Pelanggan tetap bisa memesan minuman kopi di konter atau melalui aplikasi, untuk dibawa pulang.

“Seperti yang kita ketahui, situasi pandemi Covid-19 sangat dimanis dan kami terus mengikuti fakta dan sains untuk membuat keputusan proaktif yang dibutuhkan untuk melindungi partner, pelanggan, dan komunitas,” kata Rossann Williams, vice president Starbuck untuk wilayah AS dan Kanada.

Selain itu, gerai yang berada di lokasi dengan pusat pengumpulan sosial yang besar, seperti mal dan kampus, juga akan ditutup sementara atau mengurangi jam buka, terutama di klaster kasus Covid-19.

Di AS terdapat sekitar 15.000 gerai Starbucks dan sekitar 1.600 di Kanada. Perusahaan ini juga mengklaim telah melakukan langkah-langkah sterilisasi di gerainya.

Baca juga: Bukan Masker, Ini yang Harus Kamu Beli di Tengah Wabah Virus Corona

Kebijakan di Indonesia

Di Indonesia, kebijakan serupa belum diterapkan. Namun, menurut wakil PT Sari Coffe Indonesia, selaku pemegang lisensi Starbucks di Indonesia, pihaknya tengah berusaha mengikuti imbauan social distancing dari pemerintah.

"Kami menanggapi situasi tersebut dengan sungguh-sungguh. Kami sedang mempelajari langkah-langkah yang dijalankan oleh Starbucks China yang mungkin harus kami lakukan juga beberapa hari ke depan," kata Senior General Manager PR & Communication PT.Sari Coffee Indonesia, Andrea Siahaan ketika dihubungi Kompas Travel, Senin (16/3/2020).

Ia juga menjelaskan, pihaknya telah melakukan beberapa langkah disiplin kebersihan dalam mencegah penyebaran virus corona. Antara lain, memastikan partner dan karyawan dalam kondisi sehat saat bekerja, mencuci tangan secara rutin, hingga membersihkan meja dan kursi di gerai setiap 8 menit sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FOXNEWS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com