Galang Donasi Atasi Covid-19, Rachel Venya Kumpulkan Rp 1,2 Miliar

Kompas.com - 17/03/2020, 15:16 WIB
Petugas medis memeriksa kondisi pasien di ruang isolasi saat simulasi Penanganan Pasien Corona di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). Simulasi tersebut untuk memastikan kesiapan sarana ruang isolasi dan peralatan medis sekaligus melatih koordinasi dalam penanganan pasien Covid-19 termasuk diantaranya penggunaan kostum Alat Pelindung Diri (APD). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/ama. ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTOPetugas medis memeriksa kondisi pasien di ruang isolasi saat simulasi Penanganan Pasien Corona di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). Simulasi tersebut untuk memastikan kesiapan sarana ruang isolasi dan peralatan medis sekaligus melatih koordinasi dalam penanganan pasien Covid-19 termasuk diantaranya penggunaan kostum Alat Pelindung Diri (APD). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/ama.

KOMPAS.com— Selebgram yang juga pengusaha Rachel Venya mengajak penggemarnya dan masyarakat untuk mengumpulkan dana lewat Kitabisa.com untuk perlindungan petugas kesehatan yang menangani kasus virus corona di Indonesia.

Rachel mengaku senang setelah pemerintah meminta warganya untuk bekerja dari rumah demi menekan penyebaran virus ini.

Tapi pasti masih ada pekerja medis dan informal seperti ibu-ibu yang tetap harus bekerja untuk anaknya. Misalnya, seorang ibu yang jadi perawat atau petugas kesehatan di rumah sakit rujukan, mereka masih harus merawat pasien positif COVID-19. Risiko pekerjaan mereka sangat tinggi demi melindungi kita semua,” tulis Rachel dalam laman kitabisa.com.

Ia mengatakan sangat terharu dengan pengorbanan para pekerja medis. 

"Tapi, terharu aja gak cukup, sebagai perempuan dan seorang ibu aku gak bisa diem aja. Aku pingin bantu mereka sebisaku. Makanya aku buat galang dana ini,” tulis Rachel lagi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Masya Allah, Masya Allah, menyentuh angka Rp 414.282.128 dalam 5 jam, aku merinding & terharu pdhl target awal 100jt, skrg udh mau memasuki 500jt! dari kmrn emg mikirin ini dan pengen bikin fundraising sendiri, tp mikir udalah kan udh ada yg bikin, sampe akhirnya aku chat sama @faniakhamada dan kt punya kekhawatiran yg sama dan bilang kalo aku bisa kok bikin fundraising lagi! Oke aku coba dengan bismillah.. walaupun aku udh bikin, aku berharap bgt yg lain juga bikin, krn disini kt lagi berkolaborasi untuk melawan Covid-19 Aku gak mau blg “followers” aku artinya “fans” krn aku masih berada di titik aku blm pantas dijadikan inspirasi bagi siapapun, jd aku akan blg kalo ini kolaborasi aku dgn temen2 online aku, dan teman2 online aku emang terbukti baik, punya empati yg tinggi! Aku akan buka terus donasi ini Insyaa Allah sampai benar2 covid-19 hilang dari negara kita, (semoga) dari bumi kita juga. Mungkin di angka yg terlihat besar ini dirasa udh cukup, enggak guys ???? aku udh berunding gimana “cara” kt menyalurkan dana ini dgn baik, kita coba open discussion di DM buat org2 yg tau info RS yg membutuhkan & distributor alat2 medis, isinya... jujur sedih tapi kesedihan ini menjadikan kita bersatu untuk sama2 menolong sesama, bukan cuma sesama tp diri kita sendiri dan orang sekitar. Kalian bisa mulai dgn 1000 rupiah! Bayangin 5 jam udh segini, kalau 2 minggu? Dan ini baru 11ribu donatur!!Yuk! https://kitabisa.com/campaign/bersamacegahcovid19 ?? @kitabisacom

A post shared by Rachel Al-Hakim (@rachelvennya) on Mar 16, 2020 at 9:49am PDT

Untuk itu, Rachel mengajak segenap masyarakat untuk menyisihkan uang demi membantu paramedis dan mereka yang membutuhkan.

Donasi di galang dana akan digunakan untuk:

* Menyediakan masker, hand sanitizer, sarung tangan plastik, dan alat perlindungan diri lainnya untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit rujukan COVID-19. 

* Menyediakan alat perlindungan diri untuk keluarga petugas kesehatan di RS rujukan COVID-19. 

* Memberikan bantuan keseharian untuk pekerja sektor informal seperti ibu-ibu pedagang agar untuk sementara bisa beristirahat di rumah. Bentuk bantuan bisa berupa kebutuhan sehari-hari, alat sanitasi, masker, dan hand sanitizer,” tulis Rachel.

Yuk, teman-teman semua kita bantu melindungi pekerja medis dan informal dari COVID-19 dengan berdonasi mulai dari Rp 1.000 (Bisa pakai GoPay juga). Insya Allah, donasi kita akan membawa berkah untuk kita dan keluarga, amin,” imbuhnya.

Penggalangan dana yang baru saja diunggah pada 16 Maret itu rupanya berhasil mengetuk hati banyak orang. Hingga tanggal 17 Maret, dana yang terkumpul sudah sebesar Rp 1,2 miliar dari 33.000-an orang yang menyumbang. Padahal, Rachel hanya menetapkan target Rp 1 miliar.

Sementara itu, penggalangan dana masih dibuka hinggal 75 hari ke depan.

Baca juga: Daftar Rumah Sakit Rujukan per Provinsi dan Nomor Kontaknya untuk Wabah Corona



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X