Kompas.com - 17/03/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Sebagian besar sekolah telah menerapkan kebijakan meliburkan siswa dan belajar di rumah selama dua minggu.

Walau beberapa sekolah memberikan materi pelajaran secara online, tapi tetap banyak waktu luang anak selama di rumah. Tak sedikit orangtua yang bingung memberi kegiatan pada anak-anaknya di rumah.

Keluhan bosan juga mungkin akan terlontar dari mulut anak. Walau begitu, pakar perkembangan anak menyarankan agar orangtua tidak terburu-buru meladeni anak dan memberi solusi saat mereka sedang bosan.

Rasa bosan ternyata bisa memicu kreativitas, asalkan orangtua tahu cara mengarahkannya.

“Rangsang anak agar mereka menemukan jalan keluar sendiri. Situasi bosan sebenarnya merupakan kesempatan bagi anak untuk mengasah imajinasinya,” kata psikolog anak Christopher Willard.

Menurutnya, ada sebagian anak yang kreativitasnya tidak terpacu kecuali saat mereka sedang bosan.

Baca juga: Gejala Infeksi Corona pada Anak Lebih Ringan

Psikolog anak dari New York Kathleen Cuneo mengatakan, anak usia 5 dan 6 tahun sudah terbiasa dengan rutinitas yang terjadwal di sekolah. Namun, di masa ditutupnya sekolah seperti sekarang, mungkin jadwal mereka menjadi lebih longgar.

Berikut adalah beberapa tips kegiatan untuk membantu anak mengatasi rasa bosannya selama “karantina pribadi” di rumah:

Tarik imajinasinya
Anak-anak yang senang bermain peran biasanya lebih mahir menghibur dirinya sendiri.

“Mereka mungkin tidak langsung main bola atau naik sepeda di setiap situasi yang membosankan, tapi mereka punya imajinasi,” kata Willard.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X