Kompas.com - 17/03/2020, 23:58 WIB
Ilustrasi cuci tangan untuk tetap menjaga kebersihan. SHUTTERSTOCK/MARIDAVIlustrasi cuci tangan untuk tetap menjaga kebersihan.

KOMPAS.com - Mencuci tangan adalah salah satu cara terbaik untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Namun tahukah kamu, cincin dan jam tangan yang biasa kita pakai setiap hari dapat menghambat langkah-langkah hidup bersih?

Sebuah studi tahun 2018 dari peneliti di Georgia State University menemukan, ketika penyedia layanan kesehatan mengenakan cincin saat bekerja, area di mana cincin menempel di kulit memungkinkan bakteri berkembang di sana.

Baca juga: Wabah Virus Corona dan Kekuatan Cuci Tangan

Mereka juga menemukan, orang yang tidak memakai cincin dan mencuci tangan dengan benar mampu membunuh lebih banyak bakteri daripada mereka yang memakai cincin.

Pembersih tangan atau hand sanitizer juga kurang efektif jika kita memakai cincin.

Studi tahun 2003 mengungkap, perawat yang mengenakan cincin dan menggunakan hand sanitizer, tisu pembersih, atau mencuci tangan dengan sabun antimikroba memiliki lebih banyak bakteri daripada mereka yang tidak memakai cincin dan melakukan prosedur kebersihan serupa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bukan cuma melepas cincin, namun juga membersihkannya.

Melepaskan cincin atau jam tangan untuk mencuci tangan kita dan kemudian memasangnya kembali juga menghalangi terbunuhnya kuman. 

"Jika cincin terkontaminasi dan kita memakainya lagi setelah mencuci tangan, kita telah mengontaminasi ulang tangan kita."

Demikian kata Lucy Wilson, profesor di departemen pelayanan kesehatan darurat di University of Maryland Baltimore County kepada HuffPost.

"Jika kita tidak berniat mendisinfeksi cincin, kita tidak harus melepasnya dan mengenakannya kembali."

Jika kita tidak dapat melepas cincin dari tangan, sejarawan perhiasan, Elizabeth Doyle mengatakan kepada HuffPost, pemakai perhiasan harus mencuci cincin dengan air panas dan sabun untuk mendisinfeksi cincin tanpa merusaknya.

Baca juga: 7 Cara Cuci Tangan untuk Antisipasi Virus Corona



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.