Jaga Kesehatan Liver dengan Konsumsi Makanan Ini

Kompas.com - 18/03/2020, 15:56 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Organ liver atau hati termasuk organ vital yang berfungsi untuk mencerna makanan dan membersihkan tubuh dari racun.

Ada beberapa penyakit yang bisa menyerang organ ini, yang paling sering adalah hepatitis, perlemakan hati, hingga kanker. Untuk melindungi liver, tindakan utama yang perlu dilakukan adalah melakukan vaksinasi hepatitis sedini mungkin.

Walau sudah divaksin, kita juga perlu memiliki gaya hidup sehat, salah satunya dengan mengasup makanan yang bernutrisi. Makanan yang sehat juga akan meringankan kerja hati.

Apa saja makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan liver?

  • Oatmeal

Makanan yang mengandung serat tinggi bisa membantu kerja liver lebih optimal. Oatmeal bisa menjadi pilihan untuk menu sarapan yang praktis, menyehatkan, sekaligus mencegah kegemukan.

Baca juga: Benarkah Oatmeal Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

  • Hindari makanan berlemak

Makanan yang digoreng, burger, atau jeroan, adalah pilihan yang buruk jika ingin menjaga kesehatan hati. Konsumsi makanan berlemak jenuh tinggi dapat memperberat kerja liver. Lama kelamaan ini akan memicu inflamasi, kemudian menyebabkan parut di liver yang disebut dengan sirosis.

  • Brokoli

Rajinlah mengonsumsi sayuran jika ingin hati sehat. Brokoli termasuk diantaranya. Beberapa penelitian menyebutkan sayuran ini bisa melindungi dari penyakit perlemakan liver.

ILUSTRASI - french press, alat seduh kopiShutterstock ILUSTRASI - french press, alat seduh kopi

  • Kopi

Kabar baik bagi para pecinta kopi. Beberapa temuan studi menyebutkan minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari bisa melindungi kerusakan liver yang disebabkan oleh kelebihan alkohol dan pola makan tidak sehat.

  • Kurangi gula

Konsumsi gula berlebih bisa berdampak pada kesehatan liver. Ini karena salah satu fungsi organ ini adalah mengubah gula menjadi lemak. Jika kita banyak mengasup makanan atau minuman bergula, liver menjadi kelebihan lemak dan akhirnya menyebabkan penyakit perlemakan hati.

Baca juga: Orang Indonesia Konsumsi Gula 11,47 Kg per Tahun

  • Teh hijau

Dalam minuman ini terdapat antioksidan yang disebut katekin. Menurut penelitian, zat ini dapat melindungi tubuh dari kanker, termasuk liver. Kadar katekin dalam teh hijau lebih tinggi jika tidak dicampur gula dan dikonsumsi dalam kondisi hangat.

  • Air putih

Untuk menjaga kesehatan liver, usahakan agar berat badan selalu normal. Kita bisa melakukannya dengan mengurangi asupan minuman bergula dan menggantinya dengan air putih.

  • Kacang almond

Kacang-kacangan, terutama kacang almond, merupakan sumber vitamin E. Nutrisi ini dapat melindungi dari penyakit perlemakan hati. Tidak hanya itu, konsumsi kacang ini juga menyehatkan jantung.

Baca juga: Kaki Sering Kram? Hati-hati Tanda Penyakit Liver

 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber WebMD
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X