Virus Corona Diprediksi Akan Menginfeksi Setengah Populasi Dunia

Kompas.com - 19/03/2020, 10:05 WIB
Warga mengenakan masker untuk menjaga diri dari risiko terpapar virus corona, awal Februari 2020. ShutterstockWarga mengenakan masker untuk menjaga diri dari risiko terpapar virus corona, awal Februari 2020.

KOMPAS.com - Virus corona diprediksi akan menginfeksi setengah dari populasi global dan memiliki tingkat kematian hingga tiga persen, menurut para analis.

"Kami berasumsi virus corona akan menginfeksi sekitar 50 persen populasi dunia, 20 persen dari kasus akan parah, dan 1 - 3 persen mengakibatkan kematian," kata analis dari Economist Intelligence Unit (EIU).

Melihat hasil pandemi, EIU memperkirakan pertumbuhan global akan berdiri hanya di angka 1 persen untuk tahun 2020 --turun dari perkiraan sebesar 2,3 persen sebelum wabah dimulai.

Baca juga: Cara agar Tetap Positif Selama Krisis Virus Corona

Ini akan menandai tingkat terendah dalam pertumbuhan produk domestik bruto global (GDP) sejak krisis keuangan global, para analis mencatat.

Data dari Johns Hopkins University menunjukkan, pada hari Rabu, Covid-19 telah melampaui 200.000 kasus di seluruh dunia, dengan lebih dari 8.000 orang meninggal dunia secara global.

Lalu, lebih dari 82.000 orang di seluruh dunia telah pulih dari virus, menurut data.

"Rasio kematian tergantung pada kapasitas negara untuk secara efektif mendeteksi, melacak, dan menahan epidemi," kata analis EIU.

"Rasio kematian akan lebih tinggi di negara-negara dengan sistem perawatan kesehatan yang buruk seperti di Sahara, Afrika."

Baca juga: Jenis Golongan Darah yang Paling Rentan jika Terinfeksi Virus Corona

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X