Cegah Sakit Leher dan Punggung Selama "Work from Home"

Kompas.com - 19/03/2020, 13:26 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Wabah virus corona membuat banyak orang di seluruh dunia menerapkan pembatasan sosial (social distancing) dan work from home (bekerja dari rumah) secara mendadak.

Kebanyakan dari kita mungkin tidak memiliki meja kerja yang memadai di rumah, apalagi bagi masyarakat yang tinggal di kamar kos atau apartemen kecil.

Kita pun pada akhirnya hanya bekerja di tempat seadanya. Kondisi ini bisa memicu sakit punggung dan bahu yang mengganggu.

"Duduk di atau bersadar pada sofa dengan posisi aneh dan laptop tidak seimbang dapat mempengaruhi bagaimana kita bergerak dan pada akhirnya dapat menyebabkan rasa sakit," kata Mind and body coach, Dean Coulson.

Baca juga: Yang Unik dan Seru Saat Harus Work from Home

Dean menambahkan, duduk dalam periode yang lama juga bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penurunan fungsi kognitif, dan gangguan lainnya yang bisa berdampak pada seluruh tubuh jika dibiarkan berkepanjangan.

Duduk di posisi yang kurang baik selama delapan jam per hari menyebabkan otak kita mematikan otot yang tidak digunakan, seperti glute dan fleksor panggul. Kondisi ini juga akan mengencangkan otot dada untuk menghemat energi.

"Hal ini menyebabkan berkurangnya kemampuan gerak, membuat otot lemah serta memicu ketidakseimbangan otot, mengakibatkan postur yang buruk saat tubuh ditarik ke depan ke postur normalnya. Ini juga membuat tulang dan otot lainnya tegang," ujarnya.

Baca juga: Penting, Perbaiki Postur Tubuh Sebelum Terlambat

Jika kamu kerap mengalami sakit punggung dan bahu ketika menjalani work from home, peregangan sederhana ini bisa kamu coba:

1. Seated neck stretch

Peregangan ini akan melemaskan otot-otot leher yang mengalami ketegangan sepanjang hari karena membungkuk di di depan layar laptop.

Halaman:


Sumber T3
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X