Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meal Prep Bisa Jadi Solusi Persediaan Makanan di Masa Isolasi

Kompas.com - 20/03/2020, 13:27 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjuran untuk jaga jarak sosial (social distancing) dari pemerintah membuat banyak orang berdiam diri di rumah.

Tak sedikit pula orang yang membeli banyak bahan makanan untuk mengantisipasi persediaan yang habis dikemudian hari.

Beberapa bahan makanan yang kerap diserbu di antaranya mie instan dan beras. Padahal, daripada melakukan "panic buying" dan membeli banyak bahan makanan yang tidak perlu, kita bisa melakukan meal prep.

Baca juga: Sakit Perut, Tanda Awal Terinfeksi Virus Corona?

Meal prep adalah metode mempersiapkan banyak porsi makanan dalam satu waktu untuk sebagian disimpan dan dikonsumsi beberapa hari ke depan.

"Daripada panic buying mending meal prep. Jadi beli sebutuhnya untuk seminggu, masak untuk seminggu lalu kita bekuin semuanya," kata Chef Yuda Bustara ketika dihubungi.

Alih-alih membeli semua makanan instan, Yuda justru menyarankan masyarakat untuk juga membeli produk-produk segar.

Pada intinya, dalam satu menu makanan yang akan dibuat kita harus memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, dan sayur tinggi serat.

Baca juga: Pahami Perbedaan Social Distancing, Isolasi Diri, dan Karantina

Untuk karbohidrat, selain beras kita bisa membeli kentang, pasta, singkong, mie, dan lainnya. Sementara untuk protein kita bisa membeli telur, daging sapi, saging ayam, kornet, atau tuna kaleng.

Sedangkan untuk sayuran, sayuran berbatang seperti brokoli atau wortel cenderung lebih awet untuk disimpan ketimbang sayuran berdaun.

Teknik mempersiapkan meal prep dijelaskan secara lengkap oleh Chef Yuda lewat sebuah video dalam akun YouTube miliknya, Yuda Bustara.

Namun, secara sederhana, hal yang perlu kita lakukan adalah memasak makanan tersebut terlebih dahulu untuk jumlah porsi satu yang diinginkan, misalnya satu minggu.

Beberapa bahan makanan cukup dimasak hingga setengah matang. Sehingga, saat kita menghangatkannya nanti, makanan tersebut akan matang sempurna dan terasa tetap segar.

Baca juga: Bukan Masker, Ini yang Harus Kamu Beli di Tengah Wabah Virus Corona

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com