Kompas.com - 20/03/2020, 15:47 WIB
Ilustrasi Covid-19 ShutterstockIlustrasi Covid-19
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pandemik COVID-19, yang disebabkan oleh infeksi virus corona jenis SARS-Cov-2, terus menciptakan kekhawatiran masyarakat dunia karena penularannya yang mudah.

COVID-19 pun belum memiliki obat yang benar-benar bisa disepakati untuk untuk mengobati infeksi virus corona tersebut.

Seiring dengan meningkatnya kasus COVID-19, berbagai institusi penelitian di banyak negara tengah berusaha untuk menemukan obat dalam menangani infeksi virus corona.

Salah satu temuan potensial untuk pengobatan infeksi corona adalah favipiravir, yang merupakan kandungan aktif dalam obat flu Avigan dari Jepang.

Peneliti pemerintah China mengumumkan bahwa favipiravir efektif dalam penanganan infeksi virus corona (COVID-19).

Kesimpulan ini diumumkan langsung oleh Zhang Xinmin, selaku direktur National Center for Biotechnology Development, di Beijing pada hari Selasa (17/3).

Baca juga: China: Obat Flu Jepang Avigan Efektif Obati Virus Corona

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari NHK Japan, uji obat tersebut dilakukan di dua kota di China, yakni kota Wuhan yang menjadi asal merebaknya virus corona baru, serta di kota Shenzhen.

Uji favipiravir dilakukan dengan melibatkan 240 pasien di Wuhan dan 80 pasien di Shenzhen, dengan temuan sebagai berikut:

1. Suhu tubuh pasien

Pengujian favipiravir di Wuhan menemukan bahwa obat tersebut membantu mengembalikan suhu pasien menjadi normal dalam rata-rata waktu 2,5 hari.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X