Kompas.com - 20/03/2020, 22:13 WIB
Ilustrasi berpikir positif shutterstockIlustrasi berpikir positif

KOMPAS.com— Ramainya pemberitaan tentang virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 tak ayal menimbulkan kecemasan dan ketakutan.

Namun rupanya, untuk menghadapi virus ini, kita perlu selalu berpikiran positif. Menurut dokter spesialis kejiwaan Dr. Andri, Sp.KJ, FACLP, berpikiran positif mampu membuat imun menjadi kuat untuk melawan virus.

“Kalau menurun maka akan mudah terinfeksi virus, maka berpikirlah postif yang baik, walaupun mungkin sulit,” ujar Dr. Andri dalam video Youtube berjudul “Tips TETAP BERPIKIR POSITIF di MASA SULIT”.

Andri mengatakan, berpikir positif memang tak mudah dilakukan dalam kondisi seperti saat ini. Belum lagi, untuk pasien yang sudah menderita kecemasan atau anxiety.

Akan tetapi, berpikiran positif bisa saja dilakukan dengan menerapkan 4 hal berikut ini.

1. Batasi nonton dan konsumsi berita tentang Covid-19

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yang pertama yang perlu diperhatikan adalah perilaku. Sebisa mungkin kita harus membatasi diri untuk menonton atau membaca berita tentang update kasus virus corona di Indonesia maupun dunia.

“Mungkin habis makan siang, mungkin antara setengah jam atau satu jam, kita bisa membantu diri kita untuk mendapatkan informasi update,” ujar Andri.

Sebaiknya informasi update itu bisa dari WHO dan juga bisa dari pemerintah. Saat ini pemerintah juga telah menyediakan infromasi melalui Whatsapp maupun website resmi.

Hal ini dilakukan demi menghindarkan kita dari berita hoax yang akan membuat diri semakin cemas.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.