5 Tips Mudah Bebaskan Rumah dari Virus Corona

Kompas.com - 21/03/2020, 13:57 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah Wavebreakmedia LtdIlustrasi membersihkan rumah

KOMPAS.com - Orang-orang dengan batuk yang parah, demam, dan kesulitan bernapas tidak menyebabkan pandemi virus corona.

Sebaliknya, orang dengan gejala ringan atau tanpa gejala sama sekali justru bertanggung jawab atas sebagian besar kasus Covid-19, menurut penelitian yang dipublikasikan awal pekan ini.

Orang-orang yang bekerja di bagian tertentu memiliki peluang tinggi untuk terpapar dengan SARS-CoV-2, nama teknis virus yang menyebabkan Covid-19, dan membawa virus tersebut pulang.

Baca juga: Studi: Virus Corona Bisa Bertahan Lama di Udara dan Permukaan

Karena sangat sulit mengatakan siapa yang membawa virus sebelum gejala muncul, anggota keluarga yang bekerja dan mereka yang tinggal di rumah berada pada risiko yang meningkat untuk terpapar.

Para peneliti masih belum mengetahui banyak tentang SARS-CoV-2, namun mereka telah mempelajari virus serupa dan mengetahui kelemahan mereka.

Sebuah tim ilmuwan dan arsitek telah melakukan penelitian dan menulis panduan untuk membuat ruangan di rumah kita tidak ramah terhadap virus.

Berikut beberapa tips cepat dan mudah dari para ahli yang dapat kita coba di rumah:

1. Bersihkan wastafel dan disinfeksi secara teratur

Mencuci tangan adalah hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk melindungi diri dan orang lain dari Covid-19.

Kita harus sering melakukannya, seperti ketika kembali dari luar, setelah kita menyentuh permukaan yang berpotensi terinfeksi, saat kita menggunakan kamar mandi, dan sebelum makan.

Mencuci tangan melawan virus dengan dua cara, pertama menghancurkan beberapa salinan virus, dan segala yang ada di tangan kita akan tersapu bersih.

Namun, beberapa orang yang selamat dapat membawa sedikit tetesan air yang terbang ke udara selama mencuci tangan.

Membersihkan sekitar wastafel akan membatasi area permukaan tempat mereka bisa mendarat dan bertahan hidup, dan kadang-kadang disinfektan akan mencegah virus menginfeksi siapa pun.

Pastikan kita juga membersihkan permukaan yang sering disentuh secara teratur, seperti meja, gagang pintu, dan gagang keran.

Baca juga: Kiat Bersihkan Rumah demi Terhindar dari Virus Corona

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X