6 Alasan Kamu Harus Cuci Muka Sebelum Tidur

Kompas.com - 21/03/2020, 23:50 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Setelah satu hari yang melelahkan dengan berbagai aktivitas, nyamannya tempat tidur tampak lebih menggoda ketimbang harus membersihkan wajah dari make-up dan debu sebelum tidur.

Ada kalanya kita meyakinkan diri bahwa melakukan hal tersebut sesekali bukanlah masalah. Tapi, masalahnya kita terus melakukannya pada malam-malam berikutnya. Sementara ini sangat membahayakan kesehatan kulit wajah.

Pentingnya mencuci muka bukan tanpa alasan, ini adalah bagian penting dari rangkaian perawatan kulit yang sehat.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Muka

Pasalnya, sepanjang hari kulit wajah kita telah melalui berbagai hal dan malam hari adalah waktu yang tepat untuk memanjakan kulit wajah.

Jangan lupa, cara kita merawat kulit akan menentukan kecepatan perubahan tekstur kulit wajah. Karena itu, penting untuk memprioritaskan kesehatan kulit wajah.

Berikut enam alasan kamu harus cuci muka di malam hari sebelum tidur:

1. Membersihkan Pori-Pori Kulit

Sel-sel kulit selalu berganti dan seiring waktu bisa terjadi penumpukan sel-sel kulit mati jika kulit tak rajin dibersihkan. Sel-sel kulit mati yang tidak terangkat inilah yang kemudian akan menyumbat pori-pori kulit.

Selain itu, produk make-up yang digunakan juga dapat meresap ke dalam pori-pori kulit dan jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan semakin menyumbat pori-pori.

Membersihkan kulit wajah di malam hari, membantu menghilangkan semua kotoran dan sel kulit mati dari wajah, serta membuka pori-pori kulit.

Selain itu, cobalah meluangkan waktu untuk melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit setiap minggu. Ini dapat membantu menjaga pori-pori tetap bersih.

Baca juga: Aturan Penting Cuci Muka untuk Kulit Jenis Kombinasi

2. Mencegah Munculnya Jerawat

Pori-pori yang tersumbat dan serangan bakteri adalah dua alasan utama timbulnya jerawat.

Cuci muka di malam hari membebaskan pori-pori kulit dari sumbatan dan menghilangkan semua kotoran dari wajah Anda yang dapat menyebabkan munculnya bakteri.

Membiarkan make-up tetap menempel di wajah hingga tertidur juga berisiko dapat menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti komedo dan noda hitam.

3. Melindungi Bulu Mata

Pernahkah memerhatikan kondisi bulu mata tanpa maskara? Apakah semakin menipis atau rapuh?

Lapisan maskara yang cukup banyak diaplikasikan pada bulu mata, akan membuatnya rusak perlahan.

Semakin lama menggunakan maskara, bulu mata bisa semakin kaku, rapuh, dan mudah patah.

Eyeliner yang kita gunakan sangat dekat dengan mata, juga mengandung beberapa bahan kimia yang tidak ideal untuk dibiarkan terlalu lama di dekat mata.

Membiarkan riasan mata hingga pagi hari tanpa cuci muka, bukan hanya berefek pada bulu mata, tapi juga dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada mata.

Baca juga: Kesalahan Cuci Muka yang Sering Dilakukan Pria dengan Kulit Berminyak

Halaman:


Sumber Boldsky
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X