Makanan Matang yang Tetap Enak Saat Disimpan di Freezer

Kompas.com - 23/03/2020, 17:20 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Untuk menghindari berbelanja bahan makanan keluar rumah setiap hari, kita bisa menyimpan beberapa jenis makanan di dalam freezer. Tidak hanya itu, beberapa makanan sisa juga bisa disimpan di freezer untuk kemudian dikonsumsi kembali.

Tidak semua makanan bisa disimpan di freezer, beberapa akan tetap segar tetapi kebanyakan akan rusak tekstur dan rasanya.

Untuk mengetahui makanan apa saja yang cocok disimpan di freezer, simak tips dari pakar-pakar kuliner berikut:

1. Cake
Kebanyakan pembuat roti (baker) menggunakan freezer untuk menyimpan adodan dan frosting sebelum dipakai. Meski begitu, sebenarnya kita juga bisa menyimpan cake berlapis di bagian kulkas tersebut tanpa merusak bentuk, rasa, dan teksturnya.

“Banyak orang tidak tahu bahwa sebenarnya kita bisa menyimpan layer cake, seperti chocolate vanilla buttercream atau red velvet dengan cream cheese frosting, di dalam freezer sampai satu bulan,” kata pastry chef, Jessie Sheehan.

Ia merekomendasikan menyimpan cake yang belum dibungkus di freezer sampai beku, lalu dibungkus menggunakan plastik dan kertas alumunium untuk mencegahnya menyerap aroma di freezer.

Menurut dia, rasa dan tekstur cake tidak akan berubah jika disimpan dalam cara tersebut dan jika ingin dihidangkan kita tinggal mengeluarkannya.

Baca juga: 3 Jenis Bahan Makanan Penting Selama Isolasi di Rumah

2. Kari dan makanan berempah
Makanan yang memiliki profil rasa kompleks seperti kari atau pun rendang bisa awet disimpan di frezzer.

Profesional chef Chris Martin menyarankan agar kari disimpan menggunakan kantong khusus untuk freezer ketimbang wadah keras agar tidak ada udara yang masuk. Jika akan dikonsumsi, kita bisa melunakannya dengan cara menyiramnya di bawah air mengalir.

Untuk penyimpanan rendang, sebaiknya gunakan bahan-bahan yang berkualitas, terutama santannya. Masak rendang hingga kering. Santan yang dimasak dalam waktu lama juga tidak akan menjadi tengik.

Ilustrasi muffin.Shutterstock Ilustrasi muffin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X