Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2020, 18:59 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jahe menjadi salah satu makanan sederhana yang sempat langka di pasaran, karena dianggap sebagai solusi menghadapi virus corona.

Menanggapi kondisi ini, Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin, Puteri Aisyaffa menjelaskan, jahe memang dapat meningkatkan sistem imum melalui kandungan zinc dan zat besi.

Dari beberapa penelitian, jahe diketahui dapat merangsang respons defensif pada pernafasan atas dan mukosa atas, sehingga membantu menangkis infeksi.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Ini 3 Langkah Sederhana Menjaga Imunitas Tubuh

Namun, makanan yang bisa membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh tidak hanya jahe. Aisya mencoba menyebutkan beberapa alternatif yang juga bisa kamu coba.

"Sebenarnya secara alami tubuh kita sudah memiliki sistem imun yang bertugas untuk mendeteksi dan mengeliminasi pathogen seperti virus yang masuk ke dalam tubuh. Namun, sistem imun ini tentunya harus didukung melalui asupan makanan sehat yang seimbang," katanya melalui pernyataan yang diterima Kompas Lifestyle.

Berikut rekomendasi sumber makanan sehat yang dapat membangun daya tahan serta menjauhkan kita dari virus penyakit, termasuk virus corona:

1. Jambu

Aisya menjelaskan, jambu merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang sudah diketahui, vitamin C memiliki peranan penting sebagai antioksidan dan juga booster sistem kekebalan dalam tubuh.

Aisya menyarankan, agar buah ini dikonsumsi tanpa diproses terlebih dulu atau dimakan mentah supaya kandungan vitamin di dalamnya tetap terjaga dan tidak berkurang.      

2. Kacang-kacangan dan daging

Dua bahan makanan ini mengandung zinc yang tinggi. Seperti halnya vitamin C, zinc juga memiliki fungsi meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Daging merah, ikan dan telur termasuk sumber makanan yang memiliki zinc tinggi. Disarankan untuk mengonsumsinya dalam kondisi matang agar bakteri dan virus mati selama proses pemasakan.

Beberapa jenis kacang seperti kacang merah, tanah, mete, dan almond juga tinggi dengan kandungan mineral zinc.

Baca juga: Bukan Hanya Lansia, Orang Usia Muda Juga Berisiko Kritis karena Corona

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com