5 Manfaat Minyak Jahe untuk Kesehatan

Kompas.com - 24/03/2020, 11:29 WIB
Ilustrasi minyak jahe shutterstockIlustrasi minyak jahe
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tak sekadar menghangatkan, tanaman jahe juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang sudah teruji oleh sejumlah penelitian ilmiah. Mungkin selama ini kita sering mencoba jahe dalam bentuk mentahnya atau bubuk.

Tapi sebenarnya, manfaat minyak jahe juga tak kalah bagusnya. Minyak ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan dengan khasiat yang menjanjikan.

Minyak jahe adalah minyak esensial yang diekstrak dari rimpang tanaman jahe. Walaupun jahe paling baik dikonsumsi mentah, bukan berarti minyak jahe tak punya manfaat.

Ada beberapa manfaat minyak jahe yang telah diuji dan ditemukan oleh para ahli. Berikut penjelasannya:

Mengurangi nyeri punggung bawah

Menggunakan minyak jahe untuk pijat sudah diteliti mampu mengurangi nyeri punggung bawah kronis dengan lebih baik.

Dalam suatu riset, para peneliti mencoba membandingkan apakah melakukan pijat Swedia dengan minyak jahe lebih efektif daripada pijat tradisional Thailand. Mereka menguji teori ini pada 140 orang lanjut usia (lansia) dengan nyeri punggung bawah yang kronis.

Meskipun kedua perawatan tersebut dapat mengurangi gejala, pijat Swedia dengan minyak jahe dinilai lebih efektif untuk menekan nyeri.

Para peneliti mengatakan bahwa hasil ini ada kaitannya dengan zat zingiban dalam minyak jahe yang memiliki sifat antiperadangan.

Baca juga: 10 Manfaat Jahe yang Menghangatkan untuk Kesehatan

Meredakan rasa mual

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X